Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) – Pengobatan dan Terapi

Pengobatan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) satu-satunya yang disetujui oleh Food and Drug Administration adalah obat riluzole (Rilutek). Obat ini tampaknya memperlambat perkembangan penyakit ini pada beberapa orang, mungkin dengan cara mengurangi kadar kimia dalam otak (glutamat) yang sering hadir di tingkat yang lebih tinggi pada orang dengan ALS.



Riluzole dapat menyebabkan efek samping seperti pusing, gangguan gastrointestinal dan perubahan fungsi hati.

Dokter mungkin juga meresepkan obat untuk memberikan bantuan dari gejala lain, termasuk:

  • kram otot dan kejang
  • spastisitas
  • sembelit
  • kelelahan
  • air liur berlebihan
  • dahak berlebihan
  • rasa sakit
  • depresi
  • masalah tidur
  • ledakan tertawa atau menangis yang tidak terkendali

Terapi
Perawatan Bernapas. Seiring waktu, Anda akan memiliki lebih banyak kesulitan bernafas karena otot-otot Anda menjadi lebih lemah. Dokter dapat menguji pernapasan Anda secara teratur dan memberikan Anda dengan alat untuk membantu pernapasan Anda terutama di malam hari.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat memilih untuk bernapas melalui ventilator mekanik. Dokter memasukkan tabung di lubang yang diciptakan di depan leher Anda mengarah ke tenggorokan Anda (trakeostomi), dan tabung yang terhubung ke respirator.

Terapi Fisik. Seorang terapis fisik dapat mengatasi rasa sakit, melatih berjalan, mobilitas, dan kebutuhan yang membantu mempertahankan kebebasan anda melakukan hal sehari-hari. Beberapa langkah-langkah termasuk latihan kebugaran, kekuatan otot jantung dan rentang gerak.

Ahli terapi fisik juga dapat membantu Anda menjadi terbiasa dengan brace, walker atau kursi roda dan mungkin dapat menyarankan perangkat seperti kursi roda yang membuat lebih mudah bagi Anda untuk berpindah tempat.

Olahraga teratur juga dapat membantu. Peregangan dapat membantu mencegah rasa sakit dan membantu otot Anda berfungsi dengan baik.

Terapi Okupasi. Seorang terapis okupasi dapat membantu Anda mengkompensasi kelemahan tangan dan lengan untuk membantu Anda mandiri dalam jangka waktu selama mungkin yang Anda bisa. Peralatan adaptif dapat membantu Anda untuk terus melakukan kegiatan sehari-hari seperti berpakaian, perawatan, makan dan mandi.

Baca Juga:  Sindrom Cushing - Diagnosis dan Pertanyaan untuk Dokter

Seorang terapis okupasi juga dapat membantu Anda memahami bagaimana memodifikasi rumah Anda untuk memungkinkan aksesibilitas sehingga aman untuk Anda dalam berjalan dan mobilisasi.

Terapis okupasi juga memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana teknologi bantu dan komputer dapat digunakan, bahkan jika tangan Anda lemah.

Terapi Berbicara. Karena ALS mempengaruhi otot-otot yang Anda gunakan untuk berbicara, komunikasi menjadi masalah karena penyakit terus berkembang. Seorang terapis bicara dapat mengajarkan Anda teknik adaptif untuk membuat lafal bicara Anda lebih jelas untuk dipahami. terapis wicara juga dapat membantu Anda belajar metode komunikasi lainnya, seperti papan alfabet atau pena sederhana dan kertas.

Seiring berjalannya waktu, penyakit semakin berkembang, ahli terapi bicara dapat merekomendasikan perangkat seperti komputer tablet dengan aplikasi text-to-speech atau peralatan berbasis komputer dengan pidato sintesis yang dapat membantu Anda berkomunikasi. Tanyakan terapis Anda tentang kemungkinan meminjam atau menyewa perangkat ini.

Dukungan Nutrisi. Tim Anda akan bekerja dengan Anda dan anggota keluarga Anda untuk memastikan Anda makan makanan yang lebih mudah untuk ditelan namun tetap memenuhi kebutuhan gizi Anda. Anda mungkin akhirnya membutuhkan selang makanan.

Dukungan Psikologis dan Sosial. Tim Anda mungkin termasuk pekerja sosial untuk membantu masalah keuangan, asuransi, dan mendapatkan peralatan dan membayar untuk perangkat Anda yang mungkin diperlukan. Psikolog, pekerja sosial dan lain-lain dapat memberikan dukungan emosional bagi Anda dan keluarga Anda.