Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) – Pemeriksaan yang Diperlukan

Diagnosis awal dari Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) sulit untuk dilakukan karena mungkin tampak mirip dengan beberapa penyakit neurologis lainnya. Tes untuk menyingkirkan kondisi lain mungkin termasuk:



  • Elektromiogram (EMG). Selama EMG, dokter memasukkan jarum elektroda melalui kulit Anda ke berbagai otot. Tes akan mengevaluasi aktivitas listrik otot Anda ketika mereka berkontraksi dan ketika mereka beristirahat. Kelainan pada otot terlihat di elektromiogram dapat membantu dokter mendiagnosa ALS, atau menentukan apakah Anda memiliki kondisi otot atau saraf yang dapat menyebabkan gejala. Hal ini juga dapat membantu memandu terapi latihan Anda.
  • Pemeriksaan konduksi saraf. Pemeriksaan ini mengukur kemampuan saraf Anda untuk mengirim impuls ke otot-otot di daerah yang berbeda dari tubuh Anda. Tes ini dapat menentukan apakah Anda memiliki kerusakan saraf atau penyakit otot tertentu.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI). Menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat, MRI dapat menghasilkan gambar rinci otak dan sumsum tulang belakang. MRI dapat mengevaluasi apakah Anda memiliki tumor tulang belakang, hernia di sumsum tulang leher atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala Anda.
  • Pemeriksaan darah dan tes urine. Menganalisis sampel darah dan urin di laboratorium dapat membantu dokter menghilangkan kemungkinan penyebab lain dari tanda-tanda dan gejala.
  • Pengambilan sampel cairan tulang belakang (lumbar puncture). Kadang-kadang spesialis dapat mengambil sampel cairan tulang belakang Anda untuk analisis. Dalam prosedur ini, dokter spesialis memasukkan jarum kecil antara dua tulang belakang di punggung bawah dan mengambil sejumlah kecil cairan serebrospinal untuk pengujian di laboratorium.
  • Biopsi otot. Jika dokter yakin Anda mungkin memiliki penyakit otot selain ALS, Anda dapat menjalani biopsi otot. Dalam prosedur ini, Anda akan dibius/ di bawah anestesi lokal lalu sebagian kecil dari otot Anda akan diambil dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.
Baca Juga:  Angin Duduk/ Angina - Pengertian dan Gejala

Karena tidak ada cara untuk membalikkan kondisi Amyotrophic Lateral Sclerosis menjadi pulih/baik, perawatan berfokus pada memperlambat perkembangan gejala, mencegah komplikasi yang tidak perlu dan membuat Anda lebih nyaman dan mandiri.

Karena ALS melibatkan masalah fisik, mental dan sosial yang kompleks, Anda mungkin merasa perlu untuk memiliki tim dokter terpadu yang terlatih di banyak daerah dan profesional kesehatan lainnya memberikan perawatan untuk Anda. Memiliki tim terpadu dari dokter dan profesional kesehatan lainnya yang mengelola perawatan ALS dapat memperpanjang kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Tim Anda akan membantu Anda memilih perawatan yang tepat untuk Anda. Anda selalu berhak untuk memilih atau tidak memilih salah satu perawatan yang disarankan.