Amputasi – Pemulihan

Pemulihan dari amputasi tergantung pada jenis prosedur dan anestesi yang digunakan.

doktersehat-amputasi

Di rumah sakit, petugas dapat mengganti perban pada luka setiap hari atau mengajarkan pasien untuk menanganinya sendiri nanti ketika di rumah. Pengawasan dokter diperlukan terhadap penyembuhan luka dan kondisi apapun yang mungkin mengganggu penyembuhan, seperti adanya penyakit yang mendasari yaitu kencing manis atau pengerasan pembuluh darah. dokter meresepkan obat untuk meringankan rasa sakit dan membantu mencegah infeksi.

Jika pasien memiliki masalah dengan nyeri phantom (rasa sakit di tungkai yang diamputasi) atau kesedihan atas tungkai yang hilang, dokter akan meresepkan obat dan / atau konseling dengan psikolog yang diperlukan.

Terapi fisik, dimulai dengan latihan lembut, peregangan, sering dimulai segera setelah operasi. Praktek dengan tungkai buatan dapat dimulai segera setelah 10 sampai 14 hari setelah operasi.

Idealnya, luka harus sepenuhnya sembuh dalam waktu sekitar empat sampai delapan minggu. Tapi penyesuaian fisik dan emosional untuk kehilangan anggota tubuh bisa menjadi proses yang panjang. Pemulihan jangka panjang dan rehabilitasi akan mencakup:

  • Latihan untuk meningkatkan kekuatan otot dan kontrol anggota gerak
  • Kegiatan untuk membantu mengembalikan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dan untuk meningkatkan kemandirian
  • Penggunaan kaki palsu dan alat bantu
  • Dukungan emosional dari keluarga dan rekan terdekat, termasuk konseling dengan psikolog, untuk membantu mengatasi kesedihan karena kehilangan anggota tubuh dan penyesuaian terhadap citra tubuh yang baru