Ampas Kopi Ternyata Kaya Akan Antioksidan Pencegah Kanker

DokterSehat.Com – Meskipun banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kopi, kebanyakan dari mereka tentu tidak akan mengkonsumsi ampas kopi yang ada pada bagian bawah cangkir karena rasanya terlalu pahit dan segera membuangnya. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik dimana ada baiknya kita tidak membuang ampas kopi ini karena ternyata memimliki cukup banyak kandungan antioksidan. Seperti apakah antioksidan tersebut?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan menyebutkan jika antioksidan adalah semacam senyawa yang akan sangat baik bagi kesehatan tubuh karena akan memberikan perlindungan dari berbagai efek buruk radikal bebas. Selain itu, adanya antioksidan juga akan membuat sel-sel tubuh tetap dalam kondisi baik sehingga tidak akan mudah memicu penyakit kanker.

Maria-Paz de Pena memimpin sebuah tim penelitian yang hasilnya telah dirilis dalam jurnal bernama Agricultural and Food Chemistry. Menurut hasil penelitian tersebut, andai kita mampu mengolah ampas kopi dengan benar, kita bisa mendapatkan kandungan antioksidan baik yang sangat tinggi, jauh lebih tinggi dari apa yang ada dalam kopi seduh. Menurut beliau, ampas kopi memiliki potensi besar untuk dijadikan bahan aditif makanan yang akan membuat makanan-makanan tersebut menjadi lebih sehat bagi tubuh manusia.

Sebenarnya, antioksidan juga sudah diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, ada sebagian antioksidan yang memang sebaiknya kita dapatkan dari berbagai bahan makanan, termasuk dari kopi. Dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, diketahui bahwa mereka yang rutin menikmati kopi akan memiliki resiko 50 persen lebih rendah untuk terkena kanker rektum, kanker payudara, dan juga kanker usus karena mendapatkan kadar antioksidan yang cukup banyak dari kopi tersebut. Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang kita mulai rutin mengkonsumsi minuman yang sangat nikmat dan bisa menghilangkan kantuk tersebut.