Amitriptiline (2) – Cara Menggunakan

Nama: Amitriptiline



Cara Menggunakan

  • Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai mengkonsumsi amitriptyline dan setiap kali Anda mengisi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.
  • Ambil obat ini dengan mulut, biasanya 1 – 4 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda mengambil hanya sekali sehari, minum ketika akan tidur untuk membantu mengurangi kantuk di siang hari. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.
  • Untuk mengurangi risiko efek samping (seperti mengantuk, mulut kering, pusing), dokter mungkin mengarahkan Anda untuk memulai obat ini pada dosis rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.
  • Ambil obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Untuk membantu Anda ingat, konsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari. Jangan tingkatkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan meningkatkan lebih cepat, dan risiko efek samping akan meningkat.
  • Hal penting untuk terus minum obat ini bahkan jika Anda merasa baik. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika obat ini tiba-tiba berhenti. Juga, Anda mungkin mengalami gejala seperti perubahan suasana hati, sakit kepala, kelelahan, dan perubahan tidur. Untuk mencegah gejala-gejala ini saat Anda menghentikan pengobatan dengan obat ini, dokter dapat mengurangi dosis secara bertahap. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya. Laporkan segera bila terjadi perburukan gejala.
  • Obat ini mungkin tidak langsung bekerja. Anda dapat melihat manfaat dalam waktu seminggu. Namun ada pula yang memakan waktu hingga 4 minggu untuk merasakan efek penuh.
  • Beritahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk (seperti perasaan sedih yang bertambah buruk, atau tetap memiliki pikiran untuk bunuh diri).