Obat Amiodarone Oral – Sediaan, Dosis, Indikasi, & Efek Samping

Obat Amiodarone Oral - Dokter Sehat

Apa itu obat Amiodarone oral? Apakah Anda sedang mencari informasi karena penasaran Amiodarone oral obat apa? Manfaat Amiodarone oral cukup besar di dunia kesehatan, khususnya bagi penderita gangguan irama jantung. Fungsi Amiodarone adalah untuk mengembalikan detak jantung agar menjadi lebih stabil, sehingga tidak terjadi hal yang fatal akibat adanya gangguan irama jantung.

Penjelasan awal ini barangkali telah mewakili rasa penasaran Anda yang ingin mengetahui manfaat obat Amiodarone oral. Namun, selain mengetahui Amiodarone obat apa, sebaiknya Anda membaca lebih jauh tentang obat Amiodarone ini, termasuk mengetahui komposisi Amiodarone, dosis Amiodarone, fungsi Amiodarone, dan manfaat Amiondarone untuk penderita denyut jantung yang kurang stabil.

Nama: Amiodarone oral
Tersedia Dalam Bentuk: Tablet 200 mg
Nama Dagang: Pacerone, Cordarone, Nexterone
Kelas: Antidisritmia kelas III
Obat yang termasuk kelas antidisritmia kelas III: Sotalol, Dofetilide, Dronedarone, Ibutilide

Penggunaan Obat Amiodarone Oral

  • Obat Amiodarone adalah obat yang digunakan untuk menangani beberapa jenis denyut jantung tidak teratur (seperti fibrilasi ventrikel persisten/takikardia) yang serius (mungkin fatal). Hal ini digunakan untuk mengembalikan irama jantung normal dan mempertahankan detak jantung stabil. Amiodarone oral adalah obat anti-aritmia. Ia bekerja dengan menghalangi sinyal-sinyal listrik tertentu pada jantung yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Cara Menggunakan Obat Amiodarone Oral

Obat Amiodarone adalah obat yang memiliki fungsi signifikan untuk mengembalikan irama jantung menjadi lebih stabil. Namun, bagaimana pun penggunaan obat Amiodarone yang benar haruslah diketahui agar penggunaan obat menjadi lebih efektif. Berikut ini adalah cara menggunakan obat Amiodarone yang perlu diketahui.

  • Baca Panduan Pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan amiodaron dan setiap kali mengisi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.
  • Konsumsi obat Amiodarone ini dengan mulut, biasanya sekali atau dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Anda dapat mengkonsumsi obat ini dengan atau tanpa makanan, tetapi penting untuk memilih salah satu cara dan minum obat ini dengan cara yang sama dengan setiap dosis.
  • Hindari makan jeruk atau minum jus jeruk saat menggunakan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya. Anggur bisa meningkatkan jumlah obat dalam aliran darah Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Dokter Anda mungkin mengarahkan Anda untuk memulai obat ini pada dosis yang lebih tinggi dan secara bertahap mengurangi dosis. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati. Jangan berhenti minum obat ini atau mengubah dosis tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Beritahu dokter jika kondisi Anda tidak ada perubahan atau justru malah memburuk.

Efek Samping Obat Amiodarone Oral

Lihat juga bagian Peringatan.

  • Mual, muntah, sembelit, kehilangan nafsu makan, gemetar, atau kelelahan mungkin terjadi. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter Anda segera.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: mudah memar/perdarahan, kehilangan koordinasi, kesemutan/mati rasa pada tangan atau kaki, gerakan yang tidak terkendali, gejala baru atau memburuknya gagal jantung (seperti pergelangan kaki/kaki bengkak , mudah lelah, peningkatan sesak napas saat berbaring).
  • Dapatkan bantuan medis segera jika Anda memiliki efek samping yang sangat serius, termasuk: detak jantung tidak teratur, melambat atau menjadi semakin cepat, pusing berat, pingsan.
  • Amiodaron mungkin jarang menyebabkan masalah tiroid. Entah pada kasus fungsi tiroid rendah atau fungsi tiroid yang terlalu aktif dapat terjadi. Katakan kepada dokter segera jika Anda mengalami gejala tiroid yang terlalu aktif atau terlalu rendah, termasuk merasa terlalu dingin atau tidak mampu mentoleransi panas, penurunan berat badan/kenaikan berat badan keuntungan tanpa penyebab yang jelas, rambut menipis, berkeringat terlalu banyak, gugup, lekas marah, gelisah, atau adanya benjolan/pertumbuhan jaringan di depan leher (gondok).
  • Obat ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Dengan pengobatan jangka panjang, Anda mungkin dapat namun jarang, mengalami perubahan warna kulit menjadi warna biru-abu-abu. Efek ini tidak berbahaya dan warna dapat kembali normal setelah obat dihentikan. Hindari paparan sinar matahari berkepanjangan untuk membantu mencegah efek ini. (Lihat juga bagian Peringatan.)
  • Obat ini mungkin jarang menyebabkan perubahan pengelihatan. Pada kasus yang sangat jarang, kasus kebutaan permanen telah dilaporkan. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengalami perubahan pengelihatan (seperti melihat lingkaran cahaya atau penglihatan kabur).
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, mendapatkan bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama wajah/lidah /tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda ingin melihat efek samping lengkap dari obat amiodarone, silakan hubungi dokter/apoteker.

Untuk Anda yang masih ingin mengetahui lebih jauh tentang obat Amiodarone, termasuk mengetahui tentang komposisi Amiodarone, dosis Amiodarone, fungsi Amiodarone, dan manfaat Amiodarone, silakan klik halaman selanjutnya.

Obat Amiodarone Oral – Halaman Selanjutnya :   1   2   3