Amikacin (3) – Interaksi Obat, Penggunaan

Nama: Amikacin



Interaksi Obat
Lihat juga bagian Peringatan.

  • Interaksi obat dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mengandung semua interaksi obat yang mungkin. Ingat atau simpan catatan daftar semua produk obat yang Anda gunakan dan produk herbal) dan ceritakan dengan dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.
  • Obat lain yang dapat mempengaruhi ginjal atau pendengaran dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal atau pendengaran jika dikonsumsi dengan amikasin. Beberapa contoh termasuk: amfoterisin B, sidofovir, cisplatin, polimiksin B, tobramycin, sefalosporin seperti cephaloridine, obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID) seperti ibuprofen.
  • Meskipun sebagian besar antibiotik tidak akan mempengaruhi obat kontrasepsi hormonal seperti pil KB, atau suntik KB, beberapa antibiotik (seperti rifampin, rifabutin) dapat menurunkan efektivitas obat kontrasepsi hormonal sehingga mampu mengakibatkan kehamilan. Jika Anda menggunakan KB hormonal, tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Jika Anda:
Hamil:
Tidak dianjurkan (kategori D)

Jenis kategori obat untuk kehamilan:

  • Kategori A: secara umum dapat diterima, telah melalui penelitian pada wanita-wanita hamil, dan menunjukkan tidak ada bukti kerusakan janin
  • Kategori B. mungkin dapat diterima oleh wanita hamil, telah melalui penelitian pada hewan coba namun belum ada bukti penelitian langsung pada manusia.
  • Kategori C: digunakan dengan hati-hati. Penelitian pada hewan coba menunjukkan risiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia
  • Kategori D: digunakan jika memang tidak ada obat lain yang dapat digunakan, dan dalam kondisi mengancam jiwa.
  • Kategori X: jangan digunakan pada kehamilan.
  • Kategori NA: tidak ada informasi

Overdosis
Jika overdosis dicurigai, langsung segera ke ruang gawat darurat.

Baca Juga:  Amikacin (2) - Efek Samping dan Pencegahan

Catatan:
Uji Laboratorium dan / atau tes medis (seperti fungsi ginjal, kadar darah amikasin) dapat dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan kondisi atau memeriksa efek samping. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Dosis yang Terlupa
Untuk kepentingan terbaik, penting untuk mendapatkan obat seusai dosis masing-masing seperti yang dijadwalkan. Jika Anda melewatkan dosis, hubungi dokter atau apoteker segera untuk membuat jadwal dosis baru. Jangan konsumsi dosis ganda untuk mengejar ketinggalan.

Penyimpanan
Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan semua obat jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan siram obat ke toilet atau jangan tuangkan ke dalam saluran kecuali diperintahkan untuk melakukannya. Buang produk ini ketika kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan kepada apoteker atau ke pihak pembuangan limbah obat lokal.