Amikacin (2) – Efek Samping dan Pencegahan

Nama: Amikacin



Efek Samping
Lihat juga bagian Peringatan.

  • Mual, muntah, sakit perut, atau kehilangan nafsu makan dapat terjadi. Nyeri / iritasi / kemerahan di tempat suntikan dapat terjadi namun jarang. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, termasuk: mati rasa / kesemutan, kedutan otot atau kelemahan, kejang.
  • Obat ini mungkin jarang menyebabkan kondisi usus yang parah (Clostridium difficile terkait diare) karena jenis bakteri resisten. Kondisi ini dapat terjadi selama pengobatan atau beberapa minggu sampai beberapa bulan setelah pengobatan dihentikan. Jangan menggunakan produk anti-diare atau obat nyeri narkotika jika Anda memiliki gejala berikut karena produk ini dapat membuat mereka lebih buruk. Katakan kepada dokter Anda segera jika Anda mengalami : diare persisten (diare di atas 1 minggu), sakit perut atau diare lendir darah beserta keram perut.
  • Penggunaan obat ini untuk waktu yang lama atau berulang-ulang dapat menyebabkan oral thrush atau infeksi jamur baru. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat bercak putih di mulut Anda (oral thrush), perubahan cairan vagina, atau gejala baru lainnya.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, cari perhatian medis segera jika Anda melihat salah satu gejala berikut reaksi alergi yang serius: ruam, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker.
Baca Juga:  Salmeterol - Kehamilan dan Menyusui, dan Cara Penggunaan (3)

Pencegahan Efek Samping

  • Sebelum menggunakan amikasin, beritahu dokter atau apoteker jika Anda alergi untuk itu; atau antibiotik aminoglikosida lainnya (seperti gentamisin, tobramisin); atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan-bahan aktif (seperti sulfit), yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat kesehatan Anda, terutama dari: fibrosis kistik, masalah pendengaran (termasuk tuli, penurunan pendengaran), masalah ginjal, mineral darah rendah (termasuk potasium, magnesium, kalsium), myasthenia gravis, penyakit Parkinson.
  • Amikasin dapat menyebabkan vaksin bakteri hidup (seperti vaksin tifoid) tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, jangan melakukan imunisasi / vaksinasi saat menggunakan obat ini tanpa persetujuan dari dokter Anda.
  • Sebelum menjalani operasi, beritahu dokter atau dokter gigi tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat bebas yang dibeli di warung yang Anda konsumsi dan produk herbal).
  • Orang dewasa yang lebih tua mungkin lebih sensitif terhadap efek dari obat ini, terutama kerusakan ginjal.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Meskipun ada laporan kerusakan pada bayi yang lahir dari ibu yang menggunakan obat-obatan serupa, belum ada laporan kerusakan pada bayi yang lahir dari ibu yang menggunakan amikasin. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.
  • Obat ini masuk ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Namun, banyak dokter menganggap menyusui aman saat menggunakan obat ini. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.