Ambulans Dari Drone Terbang Berhasil Menyelesaikan Uji Coba Pertamanya

DokterSehat.Com – Kemajuan teknologi memang bisa memberikan banyak perbedaan dan kebaikan bagi dunia kesehatan. Selain berbagai metode pengobatan modern yang bisa membuat berbagai penyakit lebih efektif disembuhkan, kini ada banyak pula perubahan dalam hal pertolongan pertama bagi banyak orang. Salah satunya adalah ide menggunakan robot drone sebagai ambulans udara yang bisa digunakan sebagai peralatan praktis dan cepat yang akan mengangkat orang yang membutuhkan penanganan medis secepatnya. Baru-baru ini robot drone yang dipanggil Cormorant ini dikabarkan sudah berhasil menyelesaikan uji coba pertamanya.

doktesehat-ambulance-drone

Photo Credit: Tactical Robotics Ltd/ Urban Aeronatics

Cormorant dikembangkan oleh Urban Aeronautics, sebuah perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi. Setelah berhasil menyelesaikan uji coba pertamanya, diharapkan akan ada perbaikan yang akan mendukung drone ambulans ini agar ke depannya mampu bermanuver di berbagai tempat yang sulit untuk dijangkau oleh helikopter atau manusia ke depannya sehingga kita bisa menolong lebih banyak orang yang sedang membutuhkan.

Di dalam drone ambulans ini, kita bisa menemukan beberapa perangkat pendukung layaknya sensor, radar, laser yang mampu mendeteksi ketinggian, dan berbagai sistem elektronik yang akan memberikan keputusan saat menolong orang. Andai ditempatkan pada tempat yang sangat sulit untuk dijangkau atau penuh dengan ritangan, diharapkan sistem elektronik ini mampu memberikan alternatif layaknya memakai jalur lain atau menunggu instruksi lain dari penggunanya.

Sejauh ini, uji coba pertama dari drone ambulans ini sudah mampu terbang melintasi lapangan dan juga mendarat dengan selamat, namun, Urban Aeronautics sendiri menyebutkan jika mereka masih mencoba memperbaiki kemampuan manuver dari drone ambulans ini sehingga akan bisa bergerak lebih cepat dan lebih lincah. Dalam tes selanjutnya, diharapkan drone ini mampu menyelesaikan tes pada lapangan yang penuh dengan rintangan yang sulit untuk dilalui.