Penyebab, Gejala dan Pengobatan Ambliopia/ Mata Malas

DokterSehat.com – Ambliopia ( mata malas ) merupakan suatu gangguan pada mata yang ditandai dengan penurunan tajam penglihatan, hal tersebut diakibatkan adanya gangguan perkembangan penglihatan yang terjadi pada masa anak-anak. Gangguan ini biasanya terjadi pada salah satu mata, namun terkadang bisa mengenai kedua mata.

shutterstock_5788237 copy

Apa Penyebab Ambliopia/ Mata Malas?
Paul Riordan Eva dalam bukunya yang berjudul oftalmologi umum mengatakan bahwa perkembangan retina dan bagian otak yang memproses penglihatan akan berlangsung hingga usia 8 tahun, jika terdapat gangguan penglihatan yang terjadi pada usia usia tersebut dan tidak diberikan terapi dengan tepat maka bisa menyebabkan ambliopia.

Apa Penyakit yang Timbul Akibat Mata Malas?
Beberapa penyakit mata yang dapat berkembang menjadi ambliopia yaitu :

  • Miopia / rabun jauh
  • Astigmatisma , hipermetropia / rabun dekat
    Pada miopia, hipermetropia yang tinggi, dan astigmatisma dapat terjadi kegagalan pembentukan bayangan, sehingga bayangan tidak terfokus pada masing masing mata.
  • Strabismus / juling
    Pada orang yang strabismus dapat terjadi diplopia / penglihatan ganda, dan mata akan beradaptasi untuk mencegah adanya penglihatan ganda tersebut dengan cara menekan / mensupresi mata tersebut sehingga hanya ada satu mata yang diarahkan pada benda yang dilihat, hal tersebut akan menyebabkan mata yang tersupresi menjadi ambliopia.
  • Perbedaan tajam penglihatan mata kanan dan mata kiri yang terlalu jauh
    Perbedaan tajam penglihatan kedua mata yang terlalu jauh ini jadi membiasakan mata untuk lebih menggunakan mata yang lebih baik tajam penglihatannya untuk melihat, sehingga mata yang tajam penglihatannya lebih jelek bisa menderita ambliopia.
  • Hambatan masuknya cahaya ke dalam mata (kelopak mata jatuh / ptosis, katarak, kekeruhan lensa, kekeruhan kornea, atau sebab lain)

Bagaimana Mendeteksi Ambliopia/ Mata Malas?
Semua kelainan diatas harus dideteksi dan dikoreksi sedini mungkin agar mata anak tidak menjadi ambliopia. Namun deteksi Ambliopia/ Mata Malas tanpa bantuan Dokter Mata tidaklah mudah karena seringkali anak pengidap Ambliopia/ Mata Malas tidak mengeluhkan penglihatan yang buruk. Oleh karena itu dianjurkan kepada para orangtua untuk melakukan pemeriksaan screening mata anaknya sebelum anak berusia 4 tahun untuk mendeteksi dini penurunan ketajaman penglihatan atau adanya faktor faktor ambliopia.

Baca Juga:  Peneliti Mengalami Kemajuan Dalam Menciptakan Vaksin Terbaik yang Bisa Mengatasi HIV

Bagaimana cara merawat dan mengobati Ambliopia/ Mata Malas?
Pengobatan/ perawatan yang biasa diberikan Dokter untuk mengobati Ambliopia/ Mata Malas adalah dengan menambal atau menutup mata yang baik untuk beberapa jam setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong penggunaan mata yang malas. Pengobatan ini akan memakan waktu hingga beberapa tahun dan akan lebih efektif jika dimulai pada usia dini (sebelum usia 8 tahun). Jika terlambat terdeteksi, Ambliopia/ Mata Malas bisa mengakibatkan kerusakan visual permanen. Karena itu sangatlah penting untuk melakukan screening secara teratur terutama jika ada keluhan penglihatan.