Mungkinkah Ambeien Bisa Diobati Tanpa Operasi?

doktesehat wasir

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang seringkali dianggap sepele namun bisa sangat merepotkan dan membuat resah penderitanya adalah wasir atau ambeien. Bagaimana tidak, kita bisa mengalami gangguan saat buang air besar hingga mengalami perdarahan pada bagian anus. Yang menjadi masalah adalah, obat dari masalah kesehatan ini seringkali adalah dengan prosedur operasi.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pemicu utama dari masalah wasir adalah kebiasaan duduk terlalu lama, sering mengejan saat buang air besar, sering membawa beban berat, malas mengonsumsi makanan sehat, atau bahkan karena terkena obesitas. Lantas bagaimana cara untuk mengobati masalah kesehatan ini?

Dr. Adrian Setiaji menyebutkan bahwa terdapat dua cara untuk mengobati ambeien. Cara tersebut adalah dengan meminum obat dan operasi. Sebagi informasi, ambeien bisa dibagi menjadi empat jenis. Jika penyakit ini masih dalam derajat 1 dan 2, maka kita masih bisa menanganinya dengan obat-obatan. Hanya saja, jika ambeien sudah dalam derajat 3 atau 4, maka cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan operasi.

Hanya saja, kita tentu pernah mendengar bahwa terdapat bahan alami yang bisa mengatasi ambeien seperti dengan mengolesinya dengan bawang putih, meminum rebusan kulit manggis, atau bahkan menggunakan jus lidah buaya. Menurut dr. Adrian, metode alternatif ini lebih cocok dianggap sebagai pendukung proses pengobatan ambeien, bukannya sebagai metode pengobatan utama.

Melihat adanya fakta ini, kita memang masih bisa mengobati ambeien tanpa operasi. Hanya saja, proses ini juga bergantung dari seberapa parah ambeien yang diderita. Jika memang levelnya masih rendah, besar kemungkinan kita tidak perlu melakukannya, namun, jika setelah diperiksa oleh dokter kondisinya memang sudah cukup parah, akan lebih baik untuk menanganinya dengan cara operasi.