Amaurosis fugax

DokterSehat.com – Amaurosis fugax diduga akibat terjadi gumpalan plak di arteri karotis ke arteri retina mata. Gumpalan tersebut menyebabkan pasokan darah ke retina terputus untuk beberapa saat. Terputusnya pasokan darah menyebabkan penderita kehilangan penglihatan.



Gejala:

Gejala termasuk tiba-tiba kehilangan penglihatan pada satu mata. Kejadian ini biasanya hanya berlangsung beberapa detik namun dapat berlangsung beberapa menit.

Pengobatan:

Penderita disarankan untuk segera mendapat pemeriksaan dokter mata. Hasil pemeriksaan dokter mata menentukan pengobatan yang dilakukan. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan terjadi penyumbatan lebih dari 70% dari arteri karotis, penderita dapat disarankan untuk operasi untuk menghilangkan sumbatan.

Keputusan untuk melakukan operasi juga akan didasarkan pada tingkat keparahan dan kesehatan umum pasien. Jika pasien tidak memerlukan pembedahan, biasanya dokter memberikan aspirin atau pengencer darah.

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan antara lain menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan berhenti merokok dapat membantu mengurangi resiko penyakit ini.

Sumber : detikhealth.com