Amankah Wanita Hamil Berkendara Seorang Diri?

DokterSehat.Com – Fase kehamilan adalah fase yang membuat ibu hamil harus melakukan berbagai banyak pantangan dan menjaga kesehatannya sebaik mungkin. Sebagai contoh, mereka harus menjaga pola makannya dengan sehat demi kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam kandungannya. Tak hanya itu, ibu hamil juga cenderung tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang berlebihan karena bisa membuat mereka mudah kelelahan. Sayangnya, ada banyak ibu hamil yang masih harus melakukan beberapa aktivitas seorang diri karena juga harus memenuhi kebutuhannya layaknya membeli susu dengan berkendara seorang diri memakai sepeda motor atau mobil. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah ibu hamil cukup aman untuk berkendara seorang diri?

doktersehat-kehamilan-hamil

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Toronto menyebutkan jika ibu hamil, khususnya yang masih dalam fase awal kehamilan ternyata sangat tidak disarankan untuk berkendara seorang diri. Pakar kesehatan Donald Redelmeier yang memimpin penelitian ini bersama dengan tim dokter dari Sunnybrook Health Sciences Center menyebutkan jika ibu hamil masih rentan mengalami beberapa kondisi kesehatan layaknya mual-mual hingga kelelahan yang tentu bisa berimbas buruk bagi keamanan berkendara.

Penelitian ini sendiri melibatkan setidaknya 500 ribu data ibu hamil di Ontario, Kanada dan menemukan fakta bahwa 42 persen ibu hamil yang berkendara seorang diri mengalami kecelakaan lalu lintas dengan level yang serius. Redelmeier sendiri menyebutkan jika rasa lelah, mual-mual, hingga penurunan konsentrasi karena tubuh yang terasa kurang nyaman bisa memicu kecelakaan yang sangat berbahaya. Kecelakaan ini sendiri lebih sering terjadi pada ibu hamil yang memasuki trimester kedua kehamilan.

Karena adanya data inilah pakar kesehatan sangat tidak menyarankan ibu hamil untuk berkendara dan setidaknya meminta bantuan suami, keluarga, atau teman untuk mengantarkannya jika harus pergi ke tempat yang agak jauh demi keamanan dan menurunnya resiko terkena kecelakaan.