Amankah Sering Mengalami Kelelahan Pada Saat Hamil?

Dokter Sehat – Rasa lelah merupakan hal normal bagi mereka yang banyak beraktivitas, termasuk di dalamnya rasa lelah yang dirasakan ini juga akan menghambat beberapa pekerjaan lain. Namun, ketika kondisi rasa lelah ini terjadi pada wanita hamil hal ini juga merupakan kondisi yang umum.



Karena, tubuh wanita hamil melakukan aktivitas yang cukup melelahkan dengan menyesuaikannya tubuh terhadap tumbuh kembang bayi dalam rahim. Aktivitasnya penyesuaian ini terasa melelahkan karena tubuh wanita hamil dalam melakukan berbagai penyesuaiannya memerlukan kerja keras.

Rasa lelah ini umumnya terjadi pada tri semester awal kehamilan, pada usia kehamilan di bulan pertama ini tubuh ibu hamil akan diminta untuk beradaptasi dengan hormon yang kadarnya dengan cepat terus berubah. Ketika usia kehamilan memasuki usia tri semester kedua, adaptasi pun sudah mulai terjadi.

Sehingga, rasa lelah pada tubuh ibu hamil ini tidak akan seperti rasa lelah di tri semester pertama. Rasa lelahnya mulai berkurang. Tapi, ketika memasuki usia kehamilan tri semester akhir, rasa lelah akan kembali dirasakan karena bobot tubuh serta bayi dalam kandungan akan semakin membesar.

Kelelahan ini walaupun bersifat umum karena merupakan efek dari aktivitas tubuh ibu hamil, tetap saja ibu hamil sering merasa cemas karena memikirkan efeknya terhadap bayi dalam kandungan. Untuk menghilangkan kecemasan ini salah satu caranya adalah dengan mengurangi rasa lelah berlebih pada ibu hamil.

Cara mengatasi kelelahan pada saat hamil :

1.Luangkan waktu untuk beristirahat
Jika Anda lelah segera luangkan waktu untuk beristirahat, Anda dapat mempergunakan waktu singkat anda sekedar membuat rilek bagian tubuh anda terutama kaki dan bagian pinggang. Bila memungkinkan memiliki waktu lebih dari dari tiga puluh menit anda dapat melakukan tidur siang hari.

2.Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan sehat akan membantu Anda untuk mengurangi kelelahan, setiap menu makan harus mencakup banyak buah, sayuran dan biji-bijian, serta beberapa protein dan susu rendah lemak. Hal ini akan memberikan kecukupan nutrisi untuk tubuh Anda, minum banyak air mineral untuk menghindari dehidrasi. Bagi ibu hamil yang aktif bekerja kekurangan asupan cairan pada tubuh akan mengakibatkan kelelahan dan menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga:  Obat Flu Berbahaya Untuk Ibu Hamil!

3.Menjaga gula darah tetap stabil
Menjaga gula darah tetap stabil untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah), yang dapat membuat Anda merasa kelelahan.Anda dapat menjaga gula darah yang stabil dengan membiasakan sarapan dan mengambil makanan kecil (cemilan sehat ). Hindari cemilan yang mengandung lemak yang tinggi karena akan membuat anda cepat lelah.

4.Konsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah anemia
Kelelahan pada ibu hamil bisa terjadi dikarenakan kekurangan darah (anemia), mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi untuk mencegah zat besi untuk mencegah anemia bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi sayuran hijau tua, daging merah, blackberry dan aprikot kering merupakan sumber zat besi yang baik.

5.Mengatur pola kerja selama kehamilan
Bila anda mengalami tekanan di tempat kerja seperti pekerjaan yang berat, menunda waktu makan anda, tidak mendapatkan udara yang segar. Kondisi ini akan mengakibatkan anda cepat lelah, Anda dapat mempertimbangkan pola kerja selama kehamilan untuk menghindari kelelahan yang berlebihan. Selain pola kerja di kantor, pekerjaan ibu rumah tangga yang mengharuskan anda untuk menganggakat benda yang berat, bisa anda hindari terlebih dahulu.

6.Latihan olahraga kehamilan
Bagi anda yang sedang hamil dan sering merasakan kelelahan, olahraga seperti yoga atau latihan relaksasi bisa anda lakukan. Berjalan-jalan di pagi atau sore hari bisa anda lakukan. Kelelahan bisa terjadi karena anda belum mampu beradaptasi dengan perubahan hormon selama kehamilan, sehingga menghindari olahraga selama kehamilan justru akan menyulitkan anda dalam masa persalinan.

7.Aromaterapi untuk menghindari kelelahan selama masa kehamilan
Menikmati mandi santai dengan minyak esensial aromaterapi seperti lavender atau jeruk, minyak lavender aman pada trimester pertama jika Anda menggunakan tidak lebih dari tiga tetes pada suatu waktu, tetapi tidak menggunakannya setiap malam. Adapula Bunga Bach seperti minyak zaitun dapat membantu Anda untuk mengatasi kelelahan Anda selama kehamilan.