Amankah Penggunaan Tisu Basah Pada Bayi?

doktersehat-bayi-lahir-Infeksi-Cytomegalovirus

DokterSehat.Com– Karena dianggap lebih praktis, semakin banyak orang tua yang memakai tisu basah untuk membersihkan kulit bayi, khususnya setelah bayi buang air. Sebenarnya, apakah penggunaan tisu basah ini aman bagi kesehatan bayi?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Pediatrics dan dilakukan di Unversity of Connecticut School of Medicine menghasilkan fakta bahwa hingga saat ini, belum ditemukan adanya laporan reaksi alergi dari penggunaan tisu basah pada bayi di Amerika Serikat. Hanya saja, Dr Mary Wu Chang menyebutkan bahwa ada 6 anak yang mengalami kejadian khusus berupa munculnya ruam-ruam setelah menggunakannya.

Seorang anak dengan usia 8 tahun dilaporkan mengalami ruam merah pada mulut dan pantatnya. Meskipun sudah mendapatkan obat, ternyata anak ini terus mengalami reaksi alergi begitu menggunakan tisu basah. Setelah dilakukan serangkaian tes, diketahui bahwa anak ini ternyata mengalami alergi pada kandungan methylisothiazolinone (MI) yang memang ada pada tisu basah dan tisu bayi. Karena alasan inilah sang anak diminta untuk tidak lagi menggunakannya. Sekitar 22 bulan kemudian, 5 anak lainnya juga mengalami ruam-ruam yang sama dan gejala ini berhenti setelah orang tuanya tak lagi menggunakan tisu basah.

Lantas, apakah hal ini berarti kita tidak boleh menggunakan tisu basah? Dr. Chang menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mudah mengambil kesimpulan bahwa tisu basah ini berbahaya bagi anak atau bayi karena dalam realitanya lebih banyak anak yang tidak mengalami gejala alergi apapun setelah menggunakannya. Hanya saja, jika anda memang kurang yakin dengan tisu basah ini, penggunaan air mengalir yang bersih sepertinya memang lebih aman untuk dilakukan.