Amankah Olahraga Di Saat Punya Asma?

DokterSehat.Com – Olahraga adalah kewajiban atau mungkin bisa dibilang kebutuhan setiap orang. Jika Anda ingin sehat, maka perlu sekali menggerakkan badan agar peredaran darah lancar dan tentu saja agar tubuh bugar dan tetap langsing.



Namun bagaimana jika ternyata Anda punya penyakit asma? Saat olahraga, nafas Anda tentu saja akan terengah-engah karena melakukan aktivitas fisik yang cukup intensif. Hal ini bisa jadi memicu gejala munculnya asma. Sedangkan tujuan utama dilakukannya perawatan asma adalah mencegah apapun yang memicu terjadinya asma.

Seperti dikutip dari webmd.com, tidak masalah jika Anda melakukan olahraga, asal sebelum memutuskan melakukan olahraga, sebaiknya tanyakan dulu ke dokter untuk memastikan dan mengetahui keadaan tubuh Anda. Melakukan kegiatan fisik yang berlebihan bisa jadi memicu terjadinya asma.

Olahraga yang bisa dilakukan penderita asma adalah olahraga yang tanpa membutuhkan gerakan berlebihan, pernapasan panjang dan membutuhkan waktu lama seperti misalnya voli, tinju, yoga, gymnastic, gulat, baseball dan sebagainya. Olahraga yang perlu dihindari seperti misalnya berlari, senam aerobik, basket, dan berbagai olahraga di tempat dingin, seperti ski, diving dan menyelam.

Anda juga boleh berenang. Olahraga ini cukup baik untuk penderita asma karena membantu melatih kebugaran fisik, kekuatan otot pernapasan dengan pelan, tidak menghentak dan tiba-tiba seperti berlari. Anda juga bisa berjalan santai, olahraga ini paling aman untuk penderita asma.