Amankah Mengkonsumsi Obat Saat Menyusui?

DokterSehat.Com – Saat bayi baru lahir, bayi tentu membutuhkan asupan makanan yang paling bergizi untuk menjamin tumbuh kembang bayi yang maksimal dan sehat. Sebelum berusia setengah tahun, bayi sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI eksklusif dari ibunya saja. Selain memang karena saluran pencernaan bayi masih belum sempurna sehingga sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI, kandungan gizi ASI adalah yang terbaik dan paling dibutuhkan oleh bayi pada usia tersebut.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Untuk menjamin kandungan gizi dari ASI tetap yang terbaik, banyak pakar kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan nutrisi yang seimbang sehingga ASI yang dikonsumsi oleh bayi pun penuh dengan gizi yang sangat baik bagi perkembangan tubuh. Yang menjadi masalah adalah, jika ibu sedang tidak enak badan dan pada akhirnya membutuhkan obat, apakah kandungan obat ini pada akhirnya juga mengkontaminasi ASI sehingga ikut dikonsumsi oleh sang bayi? Pakar kesehatan berkata bahwa ASI ternyata akan tetap aman meskipun ibu mengkonsumsi obat dan mendapatkan vaksinasi.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Center for Frug Evaluation and Research) tentang pengaruh obat-obatan yang dikonsumsi ibu yang melakukan pemberian ASI menemukan fakta bahwa sebagian besar obat-obatan ternyata tidak akan mempengaruhi kualitas dan kebaikan ASI meskipun banyak diminum oleh ibu. Hal ini berarti, ibu tidak lagi khawatir jika sedang mendapati dirinya sakit dan membutuhkan konsumsi obat-obatan selama masa menyusui sehingga tidak perlu mengganti ASI dengan asupan susu formula yang tidak memberikan asupan maksimal bagi bayi.

Hanya saja, ibu tentu harus memperhatikan label yang ada pada obat-obatan karena memang ada beberapa obat, meskipun persentasenya cukup kecil, yang bisa mempengaruhi ASI dan berbahaya bagi bayi layaknya obat pereda rasa sakit. Selain memperhatikan label dengan seksama, ibu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat yang tepat bagi kondisi kesehatannya sekaligus yang tetap aman bagi ASI yang nantinya dikonsumsi oleh sang buah hati.