Amankah Mengkonsumsi Makanan Yang Telah Dihinggapi Lalat?

DokterSehat.Com – Lalat adalah salah satu serangga yang mudah sekali ditemui di berbagai tempat. Uniknya, lalat justru kerap diidentikkan dengan kondisi lingkungan yang cenderung kotor atau berbau. Tempat-tempat layaknya tempat sampah umum atau bahkan kandang ayam tentu memiliki banyak lalat yang bertebangan. Kadang kala, lalat mendatangi area dalam rumah kita dan hinggap pada makanan atau buah-buahan yang akan kita makan. Apakah makanan yang telah dihinggapi oleh lalat tersebut masih layak untuk kita konsumsi?

doktersehat-lalat

Mengapa Lalat Berbahaya Bagi Kesehatan
Lalat bisa saja hinggap pada berbagai tempat yang kotor sebelum menghinggapi makanan kita. Tempat sampah, tanah, atau bahkan kotoran dan bangkai hewan bisa jadi adalah tempat dimana lalat hinggap sebelum mendatangi makanan sehingga makanan pun menjadi tidak higienis. Banyak sekali kasus dimana makanan berubah menjadi tidak sehat dan penuh dengan bakteri dan kuman karena telah dihinggapi lalat dan tentu saja bisa menyebabkan penyakit pada tubuh.

Macam-macam Lalat dan Penyakit yang Dibawa
Lalat-lalat yang sering kali hinggap di dalam rumah adalah lalat hijau, lalat rumahan, lalat biru, hingga lalat latirine. Semua lalat tersebut bisa membawa penyakit berbahaya layaknya diare, disentri, kerusakan hati, gatal-gatal, hepatisis, gangguan usus, hingga keracunan dan muntaber. Dalam beberapa kasus, makanan yang dihinggapi lalat juga bisa menyebabkan thypus dan cacingan. Penyakit ini berasal dari virus, bakteri, hingga kuman yang dibawa lalat dari tempat-tempat yang kotor ke makanan yang aka kita makan. Makanan yang telah terkontaminasi inilah yang menjadi asal dari penyakit-penyakit di atas.

Jangan biarkan lalat beterbangan dan hinggap ke berbagai benda di dalam rumah dengan mudah. Jika jumlah lalat yang ada di dalam rumah cukup banyak, jangan ragu untuk menutup makanan dengan tudung saji sehingga tidak mudah dihinggapi lalat. Lakukan pula fogging untuk membunuh lalat dan perkembangbiakannya. Selain itu, perhatikan pula kebersihan lingkungan rumah sehingga tidak ada sampah dan kotoran yang berserakan dan menjadi tempat hinggapnya lalat. Jika makanan sudah terlanjur dihinggapi lalat, ada baiknya makanan tersebut disisihkan saja sehingga kita bisa menurunkan resiko mendapatkan berbagai macam penyakit.