Amankah Memutihkan Gigi Dengan Arang?

DokterSehat.Com– Belakangan ini sedang ngetrend penggunaan arang aktif atau activated charcoal untuk memutihkan gigi. Dengan menggunakannya dua hingga tiga kali saja, maka gigi pun akan menjadi lebih putih, bersih, dan cemerlang sehingga membuat senyum semakin menawan. Melihat betapa efektifnya arang aktif ini dalam memutihkan gigi, banyak orang yang berbondong-bondong mencarinya di berbagai tempat, khususnya toko online.

doktersehat-sikat-gigi

Sayangnya, dibalik kemampuannya dalam memutihkan gigi, pakar kesehatan gigi ternyata tidak merekomendasikan penggunaan arang aktif ini. Jika dipakai dalam jangka panjang, arang gigi ini ternyata bisa membuat enamel gigi rusak sekaligus menyebabkan erosi pada gigi.

Arang aktif memang bisa meresap ke dalam gigi melalui enamel dan akhirnya berada dalam lapisan dentin sehingga membuat gigi menjadi lebih putih dan bersih. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan di dalam arang ini bisa meninggalkan noda, bau, hingga memicu kerusakan atau erosi pada gigi. Jika arang ini kerap digunakan, maka gigi pun rentan terkena masalah gigi sensitif dan gigi berlubang.

Menurut dr. Susan Maples yang berasal dari Michigan, Amerika Serikat, gigi adalah satu-satunya bagian ectoderm yang tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Hal ini berarti, jika enamel gigi rusak atau mengalami erosi gigi, maka gigi pun tidak bisa lagi kembali ke dalam kondisi yang sehat dan kuat.

Dr. Maples menyarankan kita untuk menggunakan teknik perawatan gigi yang ditawarkan oleh dokter gigi professional alih-alih menggunakan arang aktif ini karena lebih aman bagi kesehatan dan kekuatan gigi.