Amankah Konsumsi Suplemen Melatonin Untuk Mengatasi Masalah Tidur?

DokterSehat.Com – Seiring dengan semakin banyaknya tekanan dalam dunia pekerjaan atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang mengaku kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Untuk mengatasinya, sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi suplemen melatonin, yang diyakini mampu membuat seseorang bisa mengantuk dengan segera. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pil ini aman untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Pakar kesehatan David Lee, MD, dari UCSF Fresno menyebutkan jika kita mengenal melatonin sebagai hormone yang secara alami dilepaskan oleh otak yang akan membuat ritme sirkadian tubuh berjalan dengan normal dan bisa membantu kita tertidur sesuai dengan jam normalnya. Biasanya, hormone melatonin ini dikendalikan oleh cahaya sehingga saat malam hari dan lampu sudah mulai meredup, kita akan mengalami peningkatan hormone melatonin dan merasa mengantuk dan segera tertidur.

Suplemen melatonin sendiri sudah banyak beredar di pasaran dimana di AS, suplemen ini sudah beredar dengan bebas meskipun tidak mendapatkan pengawasan dari BPOM Amerika yang disebut sebagai Food Drug Administration (FDA). Lee menyebutkan jika hingga saat ini, pakar kesehatan belum mengetahui apakah suplemen melatonin ini memiliki kandungan layaknya zat adiktif atau bahan pangawet atau tidak.

Pakar kesehatan dari NYU Langone Medical Center, Sanjeev Kothare, MD, menyebutkan jika telah dilakukan penelitian tentang suplemen melatonin pada hewan dimana ditemukan fakta mengejutkan bahwa suplemen ini bisa memicu depresi, gangguan pada reproduksi, dan juga gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Memang, belum ditemukan efek samping yang buruk dari sebagian masyarakat yang mengkonsumsinya, namun, Lee menekankan pentingnya konsumsi suplemen ini dalam dosis yang tepat, kani sekitar 0,5 miligram saja mengingat sebenarnya di dalam tubuh sudah ada produksi melatonin secara alami sehingga dosis yang berlebihan akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Baca Juga:  Deteksi Dini Penyakit Multiple Sclerosis (MS)