Amankah Kertas Pembungkus Nasi Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap membungkus makanan yang dibeli dari warung-warung terdekat. Biasanya, kertas pembungkus makanan ini berwarna cokelat karena memang diperuntukkan untuk membungkus makanan. Sebenarnya, apakah kertas ini memang sudah aman bagi kesehatan?

nasi-bungkus-doktersehat

Meskipun memang dikenal luas sebagai pembungkus makanan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kertas berwarna cokelat ini memiliki kandungan BPA yang sangat berbahaya bagi kesehatan. BPA adalah bahan kimia bisphenol A yang kerap dipakai pada bahan plastik. Yang menjadi masalah adalah, bahan ini ternyata juga bisa ditemukan pada beberapa produk kertas layaknya kertas koran, tisu toilet, struk belanja, hingga kertas tiket. Penggunaan bahan ini ditujukan agar kertas lebih tahan panas. Padahal, kertas pembungkus makanan berwarna cokelat ini juga cenderung tahan panas.

Kurunthachalam Kannan, Ph.D, yang berasal dari New York State Department of Health menyebutkan bahwa kadar BPA pada kertas pembungkus makanan ini ternyata memiliki konsentrasi BPA yang sangat tinggi. Tak hanya itu, kertas ini juga merupakan kertas daur ulang yang tentu bisa jadi kurang higienis.

Jika kita kerap membungkus nasi dan akhirnya terpapar BPA alam jumlah yang banyak, maka kandungan ini akan memasuki tubuh dan bisa meniru fungsi sekaligus struktur dari hormon estrogen. Yang menjadi masalah adalah, hal ini bisa mempengaruhi sel-sel tubuh, reproduksi manusia, dan perkembangan janin di dalam kandungan. Sebagai contoh, ibu hamil yang kerap terpapar BPA cenderung meningkatkan resiko terkena keguguran hingga 3 kali lipat. Tak hanya itu, resiko untuk terkena kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita juga meningkat.

Memang, pakar kesehatan masih memperdebatkan dampak buruk dari BPA ini yang belum benar-benar meyakinkan. Namun, ada baiknya memang kita lebih waspada agar tidak mudah terkena paparan BPA. Jika kita terbiasa membungkus makanan, segeralah pindahkan makanan ke piring makan agar tidak terlalu lama terbungkus kertas ini. Jika perlu, bawalah rantang atau wadah makanan sendiri saat ingin membungkus makanan agar lebih aman.