Amankah Jika Kita Hanya Sesekali Mengkonsumsi Minuman Berenergi?

DokterSehat.Com – Minuman berenergi adalah salah satu minuman yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Hanya saja, bagi mereka yang memiliki pekerjaan dengan aktifitas fisik yang tinggi, minuman berenergi seakan-akan menjadi hal yang sulit untuk dihindari. Sebenarnya, apakah boleh jika kita hanya sesekali mengkonsumsi minuman berenergi?



Pakar kesehatan Marci Clow dari Rainbow Light Nutritional Systems berkata bahwa minuman berenergi sangat kaya dengan kandungan gula, kafein, dan juga pemanis buatan. Beberapa produk minuman berenergi bahkan bisa memiliki kandungan 10 sendok teh gula atau sama dengan yang bisa kita temukan pada minuman bersoda. Jika kita mengkonsumsi satu atau dua kaleng minuman berenergi dalam seminggu, maka tingginya asupan gula ini bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

Tak hanya kandungan gula yang tinggi, Clow juga memperingatkan tingginya kadar pemanis buatan pada minuman berenergi ini. Beberapa penelitian kesehatan menyebutkan jika andai kita kerap mengkonsumsi pemanis buatan, maka otak akan mengalami ketagihan sehingga akan terus menginginkannya. Jika hal ini kita turuti, kita tentu akan mengkonsumsi gula secara berlebihan sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Kandungan kafein yang tercampur dengan gula pada minuman berenergi memang mampu memberikan efek berupa energi yang lebih besar pada tubuh. Sayangnya, munculnya energi tambahan ini hanya bersifat sementara dan saat efeknya habis, kita justru akan merasa jauh lebih lelah. Kita pun akan membutuhkan tambahan energi lagi biasanya akan dilakukan dengan cara mengkonsumsi minuman energi lagi.

Pakar kesehatan sudah berkali-kali menyebutkan bahaya konsumsi minuman berenergi yang bisa memicu dehidrasi, kecemasan berlebihan, insomnia, hingga gangguan pada kesehatan jantung. Memang, Clow berkata bahwa asalkan minuman berenergi dikonsumsi sesekali dalam jumlah yang sedang, maka kita tidak akan mendapatkan gangguan kesehatan yang berbahaya. Namun, ada baiknya kita menghindari konsumsi minuman ini dan andai kita membutuhkan lebih banyak energi, kopi hitam sepertinya bisa menjadi solusi yang jauh lebih aman bagi kesehatan.