Amankah Berlari Tanpa Memakai Alas Kaki?

DokterSehat.Com– Berlari masih termasuk dalam olahraga yang disukai oleh masyarakat tanah air. Bagaimana tidak, olahraga ini sangatlah mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Dengan melakukannya, kita juga bisa mendapatkan manfaat seperti membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, hingga menurunkan berat badan.

doktersehat-olahraga-lari-sehat

Hanya saja, jika kita cermati, ada sebagian masyarakat yang memilih untuk berlari tanpa memakai alas kaki. Dengan melakukannya, diyakini berlari akan memberikan manfaat lebih banyak seperti menurunkan resiko terkena diabetes atau asam urat. Sebenarnya, apakah berlari tanpa memakai alas kaki aman bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa berlari tanpa memakai alas kaki ternyata bisa meningkatkan resiko peradangan pada otot telapak kaki dan bisa memicu tekanan berlebihan pada tendon achilles. Tak hanya itu, jika jalur yang dipakai berlari tidak rata, bagian persendian serta tempurung lutut akan mengalami stress dengan berlebihan. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena pengapuran sendi.

Bagi penderita diabetes, berlari tanpa alas kaki juga bisa meningkatkan resiko terjadinya luka dan infeksi yang sulit untuk disembuhkan. Selain itu, anggapan yang menyebutkan bahwa berlari tanpa alas kaki bisa menurunkan resiko diabetes dan tekanan darah tinggi ternyata belum bisa dibuktikan karena hingga kini tidak ada hasil penelitian yang mendukungnya.

Meskipun begitu, jika jalur tempat berlari cukup aman dimana tidak ada kerikil atau benda lain yang bisa menyebabkan luka, berlari tanpa alas kaki juga bisa memperkuat otot telapak kaki dan meningkatkan ketajaman saraf-saraf sensorik dan motorik pada kaki yang berimbas pada semakin stabilnya kaki kita. Sayangnya, mengingat akan sangat sulit menemukan tempat yang aman untuk berlari tanpa alas kaki, ada baiknya kita tetap memakai alas kaki yang aman dan nyaman saat melakukan olahraga ini demi menghindari cedera.