Amankah Atasi Keputihan dengan Ramuan Tradisional Buatan Sendiri?

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam-vagina

DokterSehat.Com – Keputihan bisa datang kapan saja pada wanita sehingga beberapa dari mereka merasa terganggu. Kalau keputihan yang datang normal, dalam artian tidak bau, cairan yang keluar bening, dan tidak menyebabkan gatal, wanita tidak perlu panik. Namun, kalau keputihan yang datang disertai bau tidak sedap, cairan kuning kehijauan kental, wanita patut waspada.

Sayangnya tidak semua wanita waspada saat mengalami keputihan. Alih-alih datang ke dokter, mereka lebih memilih untuk mengobatinya sendiri dengan ramuan tradisional buatan sendiri.

Aman atau berbahayakah ramuan buatan sendiri?
Beberapa wanita yang alami keputihan baik itu normal atau yang abnormal kerap menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menyembuhkannya. Mereka bisa menggunakan ampas mangga matang atau perasan lemon untuk dioleskan di luar vagina. Cara ini dianggap ampuh atasi keputihan meski sifatnya masih pseudoscience.

Terlepas dari khasiatnya, cara ini belum diteliti dan diketahui kualitasnya. Jadi, peluang atau risiko membuat vagina jadi lebih kotor tetap ada. Kalau Anda tidak yakin dengan cara ini dan memilih untuk menggunakan cara yang benar, segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang benar dan tidak asal coba-coba saja.

Bagaimana atasi keputihan yang aman?
Keputihan yang normal tidak perlu disembuhkan karena cairan yang keluar merupakan mekanisme alami vagina membuang kotoran dan bakteri dari dalam rongga. Sementara itu kalau keputihannya tidak normal, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan sering ganti celana dalam, ganti pembalut rutin setiap beberapa jam sekali, dan selalu mencuci vagina usai buang air kecil.

Saat mencuci vagina, usahakan untuk melakukannya dari depan ke belakang. Kalau melakukannya dari belakang ke depan, ada kemungkinan bakteri dari anus masuk ke vagina dan berkembang di sana. Terakhir, penyebab keputihan setiap wanita berbeda-beda, untuk itu segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat penanganan yang tepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik