Alzheimer Bisa Dideteksi Dengan Selai Kacang?

DokterSehat.Com – Kini, banyak orang dewasa yang memiliki kekhawatiran jika di masa tuanya nanti Ia akan terkena amsalah Alzheimer. Selain bisa membuatnya kehilangan memori akan berbagai hal yang terjadi selama hidupnya, alzheimer jelas bisa membuat kualitas hidup seseorang menurun dengan drastis. Yang menjadi masalah adalah, pakar kesehatan masih belum benar-benar menemukan cara paling ampuh untuk menemukan diagnosa awal dari penyakit ini. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Florida, Amerika Serikat menunjukkan sebuah titik cerah dimana adanya kemungkinan mendiagnosa alzheimer dengan sebuah tes sederhana menggunakan selai kacang.

doktersehat-konsultasi-orangtua-parkinson

Salah satu pakar kesehatan dari penelitian ini, Jennifer Stamps, mengungkapkan jika mereka mempelajari alzheimer dan menemukan fakta dimana penderita alzheimer ternyata memiliki kondisi khusus pada otaknya, yakni di bagian depan yang disebut sebagai lobus temporal, dan bagian ini memiliki kaitan erat dengan indera penciuman sekaligus pemrosesan memori baru. Peneliti pun berasumsi jika ada kaitan erat antara indera penciuman dengan pendeteksian alzheimer secara dini.

Uniknya, peneliti memakai selai kacang untuk melakukan pendeteksian secara dini penyakit alzheimer apda beberapa responden. Caranya adalah, responden harus mencoba mencium aroma dari selai kacang dari jarak tertentu dan dengan kadar selai kacang yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini ternyata cukup mengejutkan dimana responde yang kemudian nantinya terdiagnosa terkena alzheimer ternyata cenderung memiliki indera penciuman yang kurang sensitif dalam membaui aroma selai kacang. Sebaliknya, mereka yang bisa membaui aroma selai kacang lebih baik tidak terdiagnosa terkena alzheimer.

Meskipun hasil penelitian ini masih memerlukan studi lebih lanjut, Jennifer Stamps meyakini jika fakta ini bisa menjadi pedoman kecil dimana bisa jadi salah satu cara untuk mendeteksi adanya alzheimer adalah dengan cara tes sederhana, yakni mencium aroma selai kacang. Tes ini pun cenderung akan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Jadi, apakah anda bisa mencium aroma selai kacang?