Alpukat Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Jantung

DokterSehat.Com – Apa yang pertama kali kita pikirkan saat mendengar tentang buah Alpukat? Jus alpukat? Ya, banyak orang yang mengkonsumsi buah dengan warna hijau ini sebagai jus yang rasanya dikenal sangat nikmat. Ada perbedaan mendasar saat menikmati jus alpukat dengan jus dari buah lain dimana jus ini akan cenderung lebih mengenyangkan. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah konsumsi buah alpukat bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh?

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Sebuah penelitian tentang buah alpukat dilakukan oleh Pennsylvania State University yang ada di Amerika Serikat. Apapun cara kita mengolah buah ini, rutin mengkonsumsi alpukat ternyata bisa membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol bagi tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga banyak direkomendasikan bagi mereka yang ingin melakukan diet sehat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Penelitian tentang buah alpukat ini menunjukkan jika buah ini cukup berbeda dari buah-buah lain yang cenderung memberikan rasa segar dan kaya akan vitamin dan juga mineral. Buah alpukat ternyata kaya akan kandungan lemak. Namun, jangan membayangkan buah ini kaya akan lemak tidak sehat layaknya yang akan kita temukan pada gorengan. Lemak pada buah alpukat adalah lemak sehat yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Penny Kris-Etherton, menyebutkan jika dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat, kita akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 13,5 mg/dL. Hal ini berarti, kita akan lebih baik dalam membersihkan pembuluh darah sehingga resiko terkena penyakit jantung pun menurun dengan signifikan.

Kris-Etherton juga mengungkapkan jika buah ini ternyata kaya akan serat, polifenol, dan juga pitosterol. Kandungan-kandungan tersebut memang ikut berperan menurunkan kadar kolesterol. Namun, ketiganya juga berperan aktif membantu tubuh mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga resiko terkena penyakit diabetes juga menurun.