Alpukat, Buah Nikmat yang Membuat Kita Terbebas Dari Berbagai Penyakit

DokterSehat.Com – Anda termasuk orang yang suka dengan buah alpukat? Anda ternyata termasuk dalam orang yang beruntung. Menurut pakar kesehatan dan gizi, buah alpukat ternyata termasuk dalam buah yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Tak hanya membuat kita kenyang, buah yang kerap dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet ini ternyata membantu kita mencegah penyakit sindrom metabolik.

doktersehat-alpukat

Menurut pakar kesehatan, penyakit sindrom metabolik adalah penyakit yang membuat tubuh mengalami tiga kondisi kesehatan, yakni meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kegemukan, dan tekanan darah tinggi. Ketiga kondisi ini ternyata bisa memicu penyakit serius layaknya penyakit jantung atau diabetes yang sangat berbahaya.

Sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal kesehatan berjudul Phytotherapy Research dan dilakukan di Iran berhasil menemukan efek dari konsumsi buah alpukat ini pada reaksi metabolisme pada tubuh 129 partisipan. Dari penelitian ini, diketahui bahwa rutin mengkonsumsi buah alpukat ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menjaga kadar kolesterol baik (HDL), serta menjaga keseimbangan trigliserida, fosfolipid, hingga total kolesterol di dalam tubuh. Karena kemampuan inilah konsumsi alpukat setiap hari dianggap mampu melawan berbagai faktor penyebab penyakit sindrom metabolik.

Tak hanya baik dalam mencegah berbagai macam penyakit, konsumsi buah alpukat setiap hari ternyata bisa membuat kita menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan berat badan dan juga ukuran lingkar pinggang dengan efektif. Tak hanya membuat bentuk tubuh menjadi lebih baik dan membuat kita menjadi lebih percaya diri, turunnya berat badan ini berarti kita tidak akan mengalami masalah kesehatan yang kerap dipicu oleh masalah berat badan yang berlebihan.

Dengan adanya berbagai fakta ini, ada baiknya memang kita mengkonsumsi buah alpukat secara rutin agar tubuh bisa menjadi semakin sehat.