Alpukat, Buah Nikmat yang Baik Bagi Kesehatan Otak

DokterSehat.Com – Alpukat adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, buah alpukat sangatlah kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa alpukat ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan otak kita.

doktersehat-alpukat-avocado

Di dalam alpukat, kita bisa menemukan kandungan lemak sehat, vitamin, dan asam lemak omega 3. Dengan mengkonsumsi buah yang bisa mengenyangkan ini, kita akan menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Hal ini berarti, mengkonsumsi alpukat bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan organ kardiovaskular lainnya.

Selain baik bagi sistem kardiovaskular, penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Frontiers in Aging Neuroscience menghasilkan fakta menarik tentang aktifitas otak dan kadar lutein, sejenis karotenoid yang bisa membantu perlindungan pada otak kita. Dalam penelitian yang dilakukan pada 60 orang dengan rentang usia 25 hingga 45 tahun ini, para partisipan diminta untuk menyelesaikan berbagai tugas yang berat. Tugas-tugas yang berat ini ternyata bisa membuat otak bekerja dengan keras dan akhirnya mempengaruhi kesehatannya.

Penelitian ini membuktikan bahwa para partisipan yang mengkonsumsi alpukat, sayuran hijau, dan telur secara teratur ternyata cenderung mampu menjaga kesehatan dan fungsi otaknya dengan lebih baik. Hal ini disebabkan oleh kandungan lutein yang ada pada makanan-makanan tersebut yang ternyata bisa berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan pada otak. Tak hanya melindungi kesehatan otak dengan lebih baik, kandungan ini ternyata bisa membuat fungsi otak meningkat.

Penulis penelitian ini, Anne Walk, menyebutkan bahwa pertambahan usia akan memicu penurunan fungsi kognitif otak dengan signifikan. Hanya saja, dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat yang kaya akan lutein, maka kita akan lebih baik dalam menjaga kesehatan dan fungsi kognitif otak.