Alkohol Menjadi Dalang Berbagai Penyakit Hati Manusia

DokterSehat.Com – Banyak alasan kenapa orang menenggak minuman alkohol. Alasan pertama mungkin karena mereka menikmati alkohol atau tuntutan pergaulan. Alasan lain mungkin karena ingin menghilangkan stres atau melupakan peliknya masalah dalam hidup.



Sayangnya, minuman yang dianggap bisa menenangkan jiwa ini menyimpan banyak bahaya bagi tubuh jika diminum melebihi kadar sehat, terutama organ hati kita.

Dijelaskan oleh drinkaware.co.uk, ada dua cara umum bagaimana akhohol merusak liver seorang manusia. Yang pertama, alkohol dapat menyebabkan tekanan oksidasi. Oksidasi sendiri merupakan istilah yang menggambarkan pembakaran beberapa zat tertentu (lemak, karbohidrat, nutrisi, dan sebagainya) dalam proses metabolisme tubuh. Salah satu organ tubuh yang memainkan peran vital dalam proses oksidasi adalah liver. Nah, pada kasus ini, ketika liver mencoba mengoksidasi alkohol dan memecah kandungannya, hal ini malah menimbulkan reaksi kimia yang merusak sel-sel liver itu sendiri.

Hasilnya bisa bervariasi, mulai dari kegagalan mengendapnya lemak dalam sel-sel hati yang berujung pada fatty liver, peradangan atau hepatitis, atau timbulnya jaringan parut ketika liver berusaha menyembuhkan dirinya sendiri.

Selain itu, kerusakan sel-sel liver karena alkohol ini juga akan berujung pada kegagalan fungsi liver dalam menyerap nutrisi hingga menyaring racun. Sehingga, muncul berbagai komplikasi serius pada organ tubuh lainnya.Yang kedua, secara tidak langsung alkohol juga menyebabkan toksin dari usus masuk dan meracuni liver.

Alkohol bisa merusak usus besar Anda, sehingga racun dan bakteri tersebut bukannya dibuang melalui kotoran, malah lolos dan masuk ke dalam liver. Toksin ini juga bisa menyebabkan peradangan dan jaringan parut pula.Yang lebih mengerikan lagi nih Ladies, wanita ternyata bisa memproduksi kadar alkohol dalam darah yang lebih tinggi dari pria meskipun mereka meminum alkohol dalam takaran yang sama. Karena itu, hati-hati jika ingin minum alkohol ya, Ladies.