Alexis Ditutup. Ini Penyakit yang Kerap Menyerang Mereka yang Suka Menikmati Hiburan Malam

DokterSehat.Com– Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tidak memperpanjang perizinan hotel Alexis karena dianggap sebagai tempat hiburan malam yang tidak sesuai mendapatkan reaksi beragam dari warganet. Bagi mereka yang mendukung penutupan tempat yang diduga juga menjadi ajang prostitusi ini, tak hanya tentang penegakan moral, namun hal ini juga sebagai pencegahan banyak penyakit yang memang bisa saja menular di tempat hiburan malam.



Foto: Detik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Medan, diketahui bahwa 20 persen pekerja hiburan malam di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini terinfeksi penyakit menular seksual. Mereka yang terkena penyakit ini adalah para pekerja café, petugas panti pijat, petugas mandi uap, dan pekerja profesi lainnya. Erwin Lubis selaku asisten kesehatan Masyarakat Pemerintah Kota Medan menyebutkan bahwa tak hanya pekerja tempat hiburan malam, mereka yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial juga berpotensi terkena HIV/AIDS, salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia.

Demi mencegah penularan dari penyakit ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah berusaha untuk melakukan kampanye layaknya penggunaan kondom, mencegah kebiasaan seks bebas atau seks yang tidak aman, dan tidak bergonta-ganti pasangan. Hanya saja, masih banyak orang yang sayangnya belum menerapkan rekomendasi ini sehingga kasus penyakit menular seksual seperti sifilis, herpes, gonorea, dan lain sebagainya juga cukup tinggi.

Tak hanya penyakit menular seksual, mereka yang kerap menikmati tempat hiburan malam juga cenderung kerap tidur larut malam dan menenggak minuman beralkohol. Padahal, kedua hal ini sudah dikenal luas sebagai penyebab berbagai macam masalah kesehatan yang berbahaya.