Alergi Kedelai

doktersehat-susu-kedelai

DokterSehat.Com – Produk olahan kedelai adalah salah satu makanan umum yang dapat menyebabkan alergi pada anak-anak. Dalam banyak kasus alergi kedelai dimulai dengan suatu reaksi terhadap kedelai berbasis susu formula.

Meskipun sebagian besar anak-anak yang mengalami alergi kedelai pada umur 3 tahun, alergi kedelai juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Pada kebanyakan kasus tanda-tanda dan gejala alergi kedelai ringan. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan alergi kedelai yang mengancam kehidupan reaksi alergi (anafilaksis).

Penyebab

Semua alergi makanan disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi protein kedelai tertentu sebagai zat berbahaya, yang dapat memicu produksi antibodi imunoglobulin E (IgE) terhadap protein kedelai (alergen). Saat kembali mengonsumsi kedelai, antibodi IgE mengenalinya dan memberikan sinyal pada sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan histamin dan zat kimia lainnya ke dalam aliran darah.

Gejala

Gejala alergi kedelai dapat termasuk:

  • Kesemutan di mulut
  • Gatal-gatal, gatal atau eksim
  • Pembengkakan pada bibir, wajah, lidah dan tenggorokan, atau bagian lain dari tubuh
  • Desah, pilek atau kesulitan bernapas
  • Sakit perut, diare, mual atau muntah
  • Pusing, kepala ringan atau pingsan

Pengobatan

Satu-satunya cara untuk mencegah reaksi alergi adalah menghindari kedelai dan protein kedelai sama sekali. Obat, seperti antihistamin, dapat mengurangi tanda dan gejala alergi kedelai. Obat ini dapat dikonsumsil setelah terkena alergi kedelai atau untuk mengendalikan reaksi dan membantu meringankan ketidaknyamanan akibat alergi.