Gejala Alergi Kacang

DokterSehat.Com – Alergi biasanya kerap dikaitkan dengan gangguan yang terjadi pada area kulit karena ketidakcocokan pada beberapa benda atau bahkan suhu udara. Namun, manusia juga mengenal alergi sebagai sebuah kondisi dimana seseorang akan mengalami masalah atau gangguan kesehatan setelah mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Salah satu alergi makanan yang cukup terkenal adalah alergi pada kacang. Biasanya, alergi ini akan lebih sering ditemui pada anak-anak jika dibandingkan dengan orang biasa. Kacang yang bisa menyebabkan alergi pun biasanya adalah semacam kacang almond, kacang mete, atau juga kacang tanah.

doktersehat-kacang-selai

Jika seorang yang alergi dengan kang mengkonsumsi makanan yang Ia tidak tahu jika ada kandungan kacang di dalamnya, maka tubuh biasanya akan langsung mengeluarkan senyawa kimia histamin yang menyebabkan alergi dan membuat bagian tubuh layaknya organ pencernaan, area kulit, atau bahkan saluran kardiovaskular yang berkaitan dengan jantung dan peredaran darah bereaksi. Gejala alergi kacang yang ringan biasanya berupa batuk, sesak nafas, atau bahkan bisa menyebabkan rasa mual dan muntah yang disertai dengan sakit pada perut dan juga mata yang gatal dan berair. Namun, kadang kala alergi kacang juga bisa membuat pembengkakan pada bagian wajah layaknya bibir atau lidah. Dalam beberapa kasus, alergi kacang juga bisa membuat masalah pada pernafasan dan bahkan penurunan denyut jantung yang bisa berimbas pada hilangnya kesadaran.

Sayangnya, meskipun alergi pada kacang adalah salah satu alergi yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat, hingga saat ini masih belum ada pengobatan yang mampu membuat seseorang sembuh dari alergi kacang. Padahal, jika kita tidak benar-benar jeli saat mengecek bahan makanan, bisa jadi penderita alergi kacang memakan banyak makanan yang mengandung sari atau bahan kacang-kacangan yang tentu saja bisa dengan mudah memicu alergi. Memang, terdapat obat-obatan yang mampu mengurangi alergi layaknya antihistamin, namun, dengan gejala yang cenderung membahayakan, ada baiknya penderita alergi kacang sebisa mungkin menghindari bahan makanan kacang-kacangan sebisa mungkin seumur hidupnya.

Baca Juga:  Ibu, Ada Baiknya Tidak Memainkan Ponsel Saat Menyusui