Alergi Dapat Memengaruhi Kecerdasan Anak, Benarkah?

DokterSehat.Com– Alergi pada anak merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Menurut penelitian, alergi ternyata bisa memengaruhi kecerdasan anak. Mengapa demikian?

doktersehat-anak-aktif

Jenis alergi pada anak

Alergi adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki respon berlebihan suatu zat. Alergi dapat terjadi pada anak-anak dan usia dewasa. Beberapa alergi yang umum terjadi pada anak antara lain alergi debu, alergi makanan, alergi bulu hewan peliharaan, alergi musim dan sengatan serangga. Selain itu anak juga bisa mengalami dermatitis atopik, alergi rhinitis dan alergi pada zat kimia.

Gejala alergi umumnya bermacam-macam seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, sesak nafas, bengkak dan bersin-bersin.

Pengaruh alergi pada kecerdasan anak

Dalam beberapa penelitian, alergi ternyata dapat memegaruhi kecerdasan seorang anak. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dolakukan oleh The International for Asthma and Allergies in Childhood (ISAAC) yang melakukan penelitian pada alergi anak di kawasan Asia Pasifik. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa anak yang memiliki alergi cenderung mengalami gangguan daya ingat, gangguan belajar, masalah perilaku, penuruan konsentrasi dan gangguan motorik.

Para ahli menduga bahwa alergi dapat memengaruhi kecerdasan karena munculnya zat histamin. Zat histamin adalah zat dalam tubuh yang menyebabkan munculnya gejala alergi seperti batuk, bersin, serta gatal dan munculnya kemerahan di kulit. Ketika tubuh mengeluarkan zat histamin, ternyata hal ini memicu reaksi di otak sehingga menyebabkan gangguan daya ingat anak.

Selain itu alergi juga dapat berpengaruh pada bagian otak yang berfungsi sebagai penyimpanan memori sehingga orang dengan alergi mungkin saja mengalami gangguan ingatan. Selain gangguan di otak, alergi juga dapat berpengaruh pada kemampuan anak berkonsentrasi.

Baca Juga:  Mengenal Bahaya Stunting Pada Anak dan Pencegahannya

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa gejala alergi dapat mengganggu waktu tidur anak sehingga anak menjadi lemas dan tidak stabil pada keesokan harinya. Kondisi ini kadang memicu perilaku buruk dan gangguan emosi pada anak.

Nah ternyata alergi bukan masalah yang bisa diabaikan ya Mom! Yuk perhatikan kebutuhan anak alergi mulai dari sekarang!.