Alergi, Asma, dan Makanan Pencetusnya

DokterSehat.Com – Kebanyakan penderita asma tidak memiliki diet khusus. Namun dalam beberapa kasus, makanan tertentu dapat menyebabkan gejala asma semakin memburuk. Makanan-makanan tersebut antara lain telur, susu sapi, kacang-kacangan, ikan, produk jamur-jamuran, dan beberapa produk pengawet dan pewarna makanan.

doktersehat-wanita-asma

Pengawet dan Pewarna Makanan dengan Asma

Berikut ini jenis pengawet dan pewarna makanan yang memicu terjadinya asma, yaitu:

  • Pewarna Tartazine, dapat ditemukan di beberapa makanan dan beberapa obat
  • Asam Benzoat, yang merupakan salah satu zat pengawet minuman
  • Sodium metabisulfit, merupakan senyawa kimia yang biasa ditemukan sebagai pengawet makanan anorganik, seperti wine, bir, salad dan daging.

Gejala Alergi Makanan dan Asma

Beberapa makanan, pengawet, dan pewarna makanan merupakan pencetus asma dan menyebabkan asma semakin memburuk. Beberapa gejala yang dapat timbul antara lain gatal-gatal,kemerahan, mual, muntah, dan diare. Konsultasikan ke dokter apabila merasa terganggu dan bermasalah dengan hal ini. Tes alergi seperti skin prick test atau patch test mungkin akan direkomendasikan pada anda untuk mengonfirmasi alergi makanan.

Makanan yang Dianjurkan pada Penderita Asma

Disamping makanan-makanan yang memperparah penyakit asma, terdapat beberapa penelitian yang menyatakan ada makanan tertentu yang dapat melindungi tubuh  terhadap asma dan memungkinkan meningkatkan fungsi paru-paru. Peneliti dari Jerman menemukan bahwa mengonsumsi banyak sayur- sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan E dapat membantu mengurangi proses peradangan  pada paru-paru. Selain itu, makanan dengan menu sehat seimbang dan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan lima kali sehari dapat membantu tubuh melawan flu, yang diketahui dapat memperburuk penyakit asma.