Albinisme Sebabkan Orang Seperti Bule

DokterSehat.com – Pernah melihat orang Indonesia asli tapi berkulit dan berambut seperti orang bule? Eits..jangan berpikir dulu kalau dia memang keturunan bule ya? Karena seperti kita ketahui bahwa bangsa asli kita berkulit sawo matang dan berambut hitam, jika ada bangsa asli kita (bukan keturunan) namun memiliki ciri-ciri seperti bule, itu berarti dia memiliki kelainan pada gen-nya.



Albinisme atau biasa dikenal dengan albino merupakan kerusakan produksi melamin yang sedikit menghasilkan atau nyaris sama sekali tidak menghasilkan warna pada kulit, rambut, dan alis mata. Albinisme terjadi ketika satu dari beberapa genetik yang rusak membuat tubuh tidak mampu menghasilkan atau mendistribusikan melamin, substansi alami yang memberi warna ke rambut, kulit, dan iris mata. Biasanya kerusakan ini diturunkan dari keluarga.

Albinisme ini terbagi menjadi 2 (dua) tipe:

  1. Tipe 1, albinisme yang disebabkan oleh kerusakan produksi pigmen dan melamin.
  2. Tipe 2, albinisme yang memiliki keruskan pada gen “P”. Orang yang menderita tipe ini bawaan sejaki lahir.
Albinisme ini biasanya ditandai dengan gejala:
  • ketiadaan warna dari rambut, kulit atau alis mata
  • warna kulit memudar kadang lebih cerah daripada kulit normal
Pengobatan biasanya dilakukan dengan melindungi kulit dan mata penderita dari sinar matahari. Pengobatan ini bertujuan untuk meringankan gejala. Kemudian, pengobatan tersebut juga tergantung pada tingkat parahnya penyakit.
Sumber: detikhealth.com