informasi kesehatan


Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan

Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan

            

Doktersehat.com-  Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi suntik. Alat kontrasepsi dengan cara ini banyak dipilih oleh ibu-ibu di Indonesia dikarenakan cara kerjanya yang efektif dan cara pemakaiannya yang praktis, selain itu harganya juga lebih murah. Sebelum suntikan diberikan, terlebih dahulu ibu diperiksa kondisi badannya untuk memastikan kesehatan si ibu itu sendiri, dan memastikan kondisi ibu sedang dalam kondisi tidak hamil. Berikut adalah jenis dan cara kerja KB suntik:

Jenis KB suntik:

Kebanyakan alat-alat kontrasepsi yang digunakan di Indonesia adalah sebagai Berikut:

  1. Suntikan / bulan: contohnya cyclofem
  2. Suntikan / 3 bulan: contohnya depo provera,depogeston.

Setelah disuntikkan ke otot pantat, kemudian obat KB itu akan dilepaskan dari otot ke aliran darah. Cara kerja KB suntikan adalah sebagai berikut:

  1. Menghalangi ovulasi (masa subur)
  2. Mengubah lendir serviks (vagina) menjadi kental
  3. Menghambat sperma & menimbulkan perubahan pada Rahim
  4. Mencegah terjadinya pertemuan sel telur & sperma
  5. Mengubah kecepatan transportasi sel telur

Penggunaan cara ini juga menimbulkan efek samping yang akan dirasakan oleh pemakainya. Efek sampingnya di antaralain adalah:

Berat badan menjadi bertambah karena pengaruh  hormonal itu sendiri. Akan tetapi hormon itu juga berfungsi untuk mempermudah karbohidrat menjadi lemak. Dengan kata lain efek samping yang akan dirasakan adalah penumpukan lemak yang menyebabkan berat badan bertambah dan menurunnya gairah seksual.

KEUNTUNGAN
Kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi sementara yang paling baik, dengan angka kegagalan kurang dari 0,1% pertahun (Saifuddin, 1996). Suntikan KB tidak mengganggu kelancaran air susu ibu (ASI), kecuali Cyclofem. Suntikan KB mungkin dapat melindungi ibu dari anemia (kurang darah), memberi perlindungan terhadap radang panggul dan untuk pengobatan kanker bagian dalam rahim.
Kontrasepsi suntik memiliki resiko kesehatan yang sangat kecil, tidak berpengaruh pada hubungan suami-istri. Pemeriksaan dalam tidak diperlukan pada pemakaian awal, dan dapat dilaksanakan oleh tenaga paramedis baik perawat maupun bidan. Kontrasepsi suntik yang tidak mengandung estrogen tidak mempengaruhi secara serius pada penyakit jantung dan reaksi penggumpalan darah. Oleh karena tindakan dilakukan oleh tenaga medis/paramedis, peserta tidak perlu menyimpan obat suntik, tidak perlu mengingat setiap hari, kecuali hanya untuk kembali melakukan suntikan berikutnya. Kontrasepsi ini tidak menimbulkan ketergantungan, hanya saja peserta harus rutin kontrol setiap 1, 2 atau 3 bulan. Reaksi suntikan berlangsung sangat cepat (kurang dri 24 jam), dan dapat digunakan oleh wanita tua di atas 35 tahun, kecuali Cyclofem.

KERUGIAN
a. Gangguan haid. Siklus haid memendek atau memanjang, perdarahan yang banyak atau sedikit, spotting, tidak haid sama sekali.
b. Tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu
c. Permasalahan berat badan merupakan efek samping tersering
d. Terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian
e. Terjadi perubahan pada lipid serum pada penggunaan jangka panjang
f. Pada penggunaan jangka panjang dapat menurunkan densitas tulang
g. Pada penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan kekeringan pada vagina, menurunkan libido, gangguan emosi, sakit kepala, nervositas, dan jerawat.

Sumber:yosefw.wordpress.com&www.scribd.com

 

pf button both Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

100 Responses to “Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan”

  1. chelly says:

    pagi dok,sya chelly umur 23 tahun sy mau tanya..sya kan ikut kb suntik 3bln..sdah tiga kli suntik..suntk prtma tgl14.11.2013 sy msih haid,tpi stlah suntik kedua tgl6.2.2014 sdah tdak haid lgi..stelah mau suntik ketiga tgl 1.5.2014 sya telat 4 hri suntik dan sdah berhubungan lalu hri ke5 sya suntik kb lg..apa bisah hamil atau tdk.dok mohon penjlasan nya.trims

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kontrasepsi apapun, tingkat keberhasilannya tidak 100%. Dalam arti, meskipun teratur suntiknya masih saja bisa Hamil. Apalagi kalau telat Suntik Dan berhubungan bada saat masa subur. Maka kemungkinan hamilnya makin besar. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. chelly says:

    pagi dok..ya mau tanya lgii..bgni dok,klo haid tdk normal /tdk prnh haid br’bulan lalu br’hbungan apa k bisah hamil/tdk dok.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila berhubungan bada saat sedang masa suburb maka bisa Hamil. Untuk org Yg haidnya tidak lancar/tidak teratur, sulit diketahui Kapan masa suburnya sehingga bila Ada rencana Hamil/tidak sulit untuk mengetahui Kapan waktu Yg tepat untuk berhubungan badan. Sebaiknya periksa kedokter kandungan bila mens Selalu tidak teratur. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. enie mu says:

    Sore dok,saya telah memakai suntik KB yang untuk 1 bulan tgl 22 01 2014,stelah itu tidak saya terus.kan lagi,haid saya jd tdak teratur,yg saya tanyakn apa solusi untuk saya yang ingin segera memiliki momongan stelah tidak KB lagi
    Trims

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Hitung masa subur anda, Dan Lakukan hubungan sex saat masa subur. Makan makanan bergizi Dan istirahat Yg cukup baik untuk anda maupun Suami. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. nita says:

    dok,mau tanya ni,
    saya ibu dr 1 anak.
    anak sy skrg usia 2 thn
    dan sdh hampir 2thn jg menggunakan KB suntik 3 bln
    selama KB sy tidak haid sama sekali
    akhir juni kemarin harusny jadwal sy suntik lg
    tp sy niat berhenti dl,dan sdh sy konsultasikan ke dokter kandungan saya sebelumnya
    beberapa hari ini kok perut bawah sy terasa kencang y dok
    apakah ada kemungkinan sy bisa hamil?
    sedangkn sy blm haid
    sy berhubungan terakhir pas akhir bln juni jg
    apa memang ada kemungkinan secepat itu hamil dok?atau ada kemungkinan lain?
    terima ksh sblmny

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk mengetahui Hamil/tidak, anda bisa Lakukan pengetesan dengan tes pack. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Nizfy says:

    Malem dok,saya mau tanya,saya baru pertama kali melahirkan setelah masa nifas selesai kemudian sela beberapa hari saya langsung haid,2 bulan setelah melahirkan saya melakukan hubungan suami istri dan blum suntik kb.dan stlah bercinta besoknya sayang langsung suntik kb..apa kemungkinan itu langsung jadi dan bisa menyebabkan hamil dok..?trima kasih, tolong dok butuh penjelasan.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila melakukan hubungan sex saat masa subur kemungkinan hamil masih ada dan srbaiknya sebelum melakukan suntik kb atau minun pil kb dilakukan pengetesan hamil terlebih dulu karenabila memang sudah hamil, bisa membahayakan janin. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. muhsan hamidi says:

    Siang dok, saya seorang suami yang mendambakan anak kedua, tetapi istri saya tidak mau mengandung lagi, kami sudah berdiskusi panjang yang intinya istri saya tidak mau hamil lagi. saya jadi stres memikirkannya. oh ya, istri saya memakai KB suntik. Yang saya mau tanya :”Adakah cara/obat untuk membuat supaya obat suntik KB tidak efektif dan bisa hamil? thxs a lot.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0