Alasan Tidak Boleh Pakai Smartphone di Toilet

DokterSehat.Com – Jika Anda membaca artikel ini dengan menggunakan smartphone Anda di toilet, berarti Anda berada di waktu dan tempat yang salah. Sebuah artikel menuliskan bahwa penggunaan smartphone di toilet akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Apa saja dampak buruk tersebut?



Mengutip laman Sunshine Coast Daily, Rabu (11/3/2015), sebuah artikel yang ditulis oleh seorang ahli dari pusat Epidemiologi dan Kesehatan Umum Nasional mengungkap bahwa para pengguna perangkat handheld, smartphone, tablet dan laptop tidak disarankan untuk menggunakan smartphone di toilet.

Seorang ahli bernama Dr. Martyn Kirk mengatakan bahwa penggunaan barang elektronik sejatinya dipergunakan di tempat yang sesuai, bukan toilet. Saya berpikir mempergunakan barang-barang seperti itu di toilet sungguh menjijikkan, ungkap Dr. Kirk.

Ia mengatakan hal demikian karena ia berpikir bahwa penggunaan smartphone di toilet akan berkaitan dengan risiko kesehatan. Toilet adalah sebuah ruangan yang memiliki banyak media dimana bakteri bisa berpindah ke tangan manusia, salah satunya perangkat smartphone.

Sebuah ruangan dimana penuh dengan bakteri akan sangat gampang pindah ke tubuh manusia lewat media yang dipegang, salah satunya smartphone dan beberapa perangkat handheld. Terlebih jika orang tersebut tidak mencuci tangannya dengan bersih. Bakteri dan virus tersebut bisa berpindah ke tangan manusia. Parahnya, hal ini bisa menyebabkan penggunanya menderita gastroenteritis, muntah-muntah, dan bahkan sampai menderita penyakit diare, terang Dr. Kirk.

Dr. Kirk juga mengatakan bahwa smartphone yang kotor juga bisa menjadi salah satu media yang menyebarkan virus bila dipegang oleh tangan manusia.

Hal ini memang dianggap sepele oleh pengguna smartphone, tetapi perlu diingat bahwa penggunaan smartphone di toilet bisa mengakibatkan perpindahan bakteri dan virus, dan juga menyebabkan penggunanya menderita penyakit yang tak diinginkan.

Baca Juga:  Rahasia Dibalik Berjalan Tanpa Alas Kaki

Setelah melihat seperti apa resiko dan bahaya yang terjadi, masih inginkah Anda mempergunakan smartphone kesayangan di toilet?