Alasan Sehat Untuk Makan Semangka

Doktersehat.com – Siapa yang tidak kenal dengan semangka? Rasanya yang manis dan banyak kandungan air, seakan menjadi pilihan yang tepat untuk mengusir rasa haus atau dahaga. Tak heran jika banyak orang menyukai buah yang satu ini.



Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia.

Selain rasanya yang segar, ternyata buah merah ini juga memiliki kandungan fitonutrien, vitamin A dan C, serta potasium. Tidak hanya itu, beberapa vitamin lainnya seperti, B6 dan tiamin juga terdapat di buah ini. Hebatnya lagi, buah ini bebas dari lemak, sodium, dan kalori.

Mau tahu lagi apa saja manfaat menakjubkan yang bisa Anda peroleh dari buah yang masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun ini? Berikut adalah 6 alasan kenapa Anda harus makan semangka, seperti dikutip realage:

1. Cegah penyakit jantung dan kanker prostat

Semangka memiliki banyak kandungan lycopene, senyawa antioksidan pada tanaman yang terkenal mampu melawan penyakit jantung dan kanker prostat. Mungkin selama ini Anda mengaggap tomat sebagai salah satu penghasil lycopene terbaik.
Hal itu memang benar, tetapi Anda harus memasak mereka terlebih dahulu dengan sedikit minyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara pada semangka, Anda tidak perlu terlebih dahulu memasaknya, karena buah ini langsung melepaskan lycopene-nya. Bahkan, satu cangkir semangka memiliki 40 persen kandungan antioksidan lebih banyak ketimbang tomat.

2. Vitamin C

Sepotong semangka besar (sekitar 2 cangkir) menyediakan hampir setengah harian dari kebutuhan vitamin C Anda.

Baca Juga:  Area Yang Pantang Untuk Di Sentuh

3. Melawan infeksi

Dua gelas semangka juga menyediakan hampir seperempat dari kebutuhan beta karoten harian Anda, yang digunakan tubuh Anda untuk membuat vitamin A. Jumlah beta karoten yang rendah dapat membuat Anda rentan terhadap infeksi virus dan masalah penglihatan.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Semangka adalah salah satu makanan langka penghasil citrulline, asam amino yang digunakan dalam penyembuhan luka dan pembelahan sel. Bagian daging berwarna putih pada buah semangka yang biasanya tidak dimakan justru mengandung banyak citrulline.

5. Atasi stres

Semangka merupakan sumber potasium yang baik, yang membantu mengontrol tekanan darah. Inilah alasan mengapa semangka dapat menjadi pilihan makanan ringan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

6. Memuaskan ngidam

Hanya ada 96 kalori dalam dua cangkir semangka manis. Selain itu, tingginya kandungan air dapat membuat Anda cepat merasa kenyang dan menjaga berat badan Anda tetap terkontrol.

Sumber : health.kompas.com