Antibiotik – Alasan Penggunaan

DokterSehat.Com – Faktor-faktor lain dapat dipertimbangkan ketika memilih antibiotik antara lain biaya pengobatan, jadwal pemberian dosis, dan efek samping yang sering terjadi. Pola infeksi di komunitas Anda dapat menjadi bahan pertimbangan juga.

doktersehat-obat-sakit-antibiotik

Dalam beberapa kasus, pemeriksaan laboratorium dapat digunakan untuk membantu dokter membuat pilihan antibiotik. Strain khusus bakteri seperti pengecatan Gram, dapat digunakan untuk mengidentifikasi bakteri di bawah mikroskop dan dapat membantu mempersempit spesies bakteri yang menyebabkan infeksi. Spesies bakteri tertentu akan menyerap pengecatan, dan yang lain tidak. Kultur bakteri juga dapat dilakukan. Dalam teknik ini, sampel bakteri yang menyebabkan infeksi disarankan untuk ditumbuhkan di laboratorium. Bakteri tertentu dapat tumbuh dan menunjukkan bentuknya sehingga dapat diidentifikasi. Kultur bakteri juga dapat diuji untuk menentukan sensitivitas antibiotik. Daftar sensitivitas adalah daftar antibiotik untuk membunuh jenis bakteri tertentu. Daftar ini juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah Anda mengkonsumsi antibiotik yang tepat.

Mengkonsumsi antibiotik
Penting untuk membaca bagaimana menggunakan antibiotik dengan benar. Baca label untuk melihat berapa banyak pil untuk dikonsumsi dan seberapa sering obat perlu diminum. Juga, tanyakan kepada apoteker Anda jika ada sesuatu yang perlu diketahui tentang obat.

Pertanyaan penting untuk ditanyakan adalah bagaimana obat tersebut harus dikonsmsi. Beberapa obat harus dikonsumsi setelah makan, dan beberapa obat lain diminum hanya dengan air. Minum antibiotik Anda dengan cara yang tidak benar dapat mempengaruhi penyerapan antibiotik tersebut ke dalam tubuh, mengurangi atau menghilangkan efektivitas antibiotik tersebut.

Penting juga untuk menyimpan obat Anda dengan benar. Antibiotik anak-anak perlu didinginkan (amoksisilin), sementara antibiotik lain dibiarkan pada suhu kamar (Biaxin).

Minum antibiotik sampai habis. Meskipun Anda mungkin merasa lebih baik sebelum antibiotik dihabiskan, tetap lanjutkan untuk mengkonsumsi antibiotik, minimal 5 hari konsumsi karena hal ini penting untuk penyembuhan. Jika antibiotik dihentikan di tengah jalan, bakteri dapat mati sebagian dan tapi tidak seluruhnya benar-benar terbunuh, sehingga bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik tersebut. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius jika bakteri resisten dan memicu infeksi ulang untuk tumbuh.