Alasan Olahraga Lari Bisa Membuat Kita Terbebas Dari Stress

DokterSehat.Com – Manusia modern cenderung sangat mudah untuk terkena stress. Selain karena faktor pekerjaan, perjalanan yang penuh kemacetan dan berbagai persoalan sosial atau rumah tangga juga akan dengan mudah memicu stress. Untuk mengatasinya, banyak orang yang rela harus berekreasi ke tempat yang jauh dan menghabiskan banyak uang. Padahal, dengan melakukan olahraga lari sebenarnya kita sudah bisa meredakan stress. Sebenarnya, apa alasan olahraga lari bisa membuat kita terbebas dari stress?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Dengan berlari, kita ternyata bisa membuat tubuh meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon inilah yang bisa membuat perasaan kita menjadi lebih tenang dan lebih bahagia. Meskipun berlari akan membuat badan kita lelah, namun secara mental kita akan jauh lebih tenang dan tingkat stress pun menurun dengan signifikan. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan fakta dimana mereka yang rutin berlari akan cenderung hidup dengan terbebas dari stress lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berlari.

Berlari akan membuat kita meningkatkan mood secara alami. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika dengan rutin berlari, kita akan membuat kualitas kita menjadi lebih baik yang tentu berimbas pada kesehatan tubuh yang semakin baik dan menurunnya tingkat stress. Dengan berlari, yang seringkali dilakukan seorang diri, kita juga memberikan waktu untuk kita berpikir lebih dalam tentang berbagai masalah dan mencari solusi pemecahannya.

Berlari dianggap sebagai salah satu olahraga yang akan sangat baik dalam mencegah berbagai macam penyakit berbahaya layaknya kanker, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya. Berlari juga mampu membuat sistem kekebalan tubuh membaik. Namun, beralari ternyata mampu membuat energy kita menjadi lebih baik. Hidup pun akan jauh lebih bersemangat tanpa adanya pikiran yang terbebani oleh stress.