Alasan Obesitas Dianggap Penyakit Dan Perlu Dibasmi

DokterSehat.Com – Tubuh dengan berat badan ideal adalah solusi terbaik jika Anda ingin mendapatkan kondisi tubuh sehat yang optimal. Sebagai wanita, kebanyakan dari Anda pasti mengkhawatirkan berat badan, dan ingin menjalani diet jika kelebihan berat badan.

15

Hal ini sangat bagus, karena menurut fitnessmagazine.com, ada banyak efek negatif yang akan Anda alami jika tubuh Anda obesitas. Tiga di antaranya adalah berikut ini :

  • Penyakit jantung pada anak
    Obesitas jelas akan membahayakan jantung Anda sebagai orang dewasa, karena lemak menekan pembuluh darah dan menyempitkan ruangan gerak jantung. Namun risiko semakin buruk untuk anak-anak yang mengalami obesitas dan anak-anak yang terlahir dari ibu yang obesitas karena memiliki risiko mengalami penyakit kardiovaskuler dan kematian lebih tinggi dari orang dewasa.
  • Rentan sakit setiap hari
    Biasanya, mereka yang obesitas menjadi lebih jarang bergerak atau melakukan olahraga. Padahal olahraga sangat baik melancarkan peredaran darah, mengaktifkan antibodi, menguatkan otot serta tulang. Efeknya, tubuh jadi lebih lemah dan tidak kuat terhadap serangan penyakit. Anda akan memiliki waktu sakit lebih banyak daripada mereka yang terbiasa olahraga dan menjaga berat ideal.
  • Kanker
    Secara khusus, obesitas dapat memicu kanker payudara, usus besar, endometrium, kerongkongan, kandung empedu, ginjal, pankreas, dan kanker tiroid. Ini karena lemak menghasilkan tingkat tinggi estrogen, yang banyak dikaitkan dengan risiko tinggi terkena kanker. Selain itu juga memicu produksi leptin, sejenis hormon yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker.