4 Alasan Mengapa Nyamuk Mengincar Anda Menjadi Mangsanya

doktersehat-virus-zika-nyamuk-bau-ayam-hidup-cegah-malaria

DokterSehat.Com– Nyamuk memang kerap mengganggu ketika kita hendak tidur dan bahkan ketika kita sudah tertidur pulas. Seakan tak punya takut, hewan yang satu ini terus mengincar darah kita sebagai santapannya.

Selain menyebalkan karena mengganggu tidur, nyamuk juga tergolong sebagai hewan yang perlu diwaspadai. Sebab, sampai saat ini tidak sedikit jumlah nyawa yang telah melayang akibat tertular penyakit berbahaya dari nyamuk, seperti adalah demam berdarah dan malaria.

Namun, pernahkah Anda merasa aneh dengan alasan nyamuk menarget mangsanya? Sebab, sering terjadi, ada beberapa orang yang tidak diganggu nyamuk, walaupun tidak menggunakan lotion khusus. Sedangkan, orang lain diserang tanpa henti oleh hewan kecil ini. Kira-kira apa yang membedakan sehingga nyamuk seakan menyeleksi dalam mencari mangsa.

Dikutip dari beberapa sumber, sebenarnya ada alasan tersendiri bagi nyamuk untuk mencari mangsa. Adapun alasannya sebagai berikut.

1. Jumlah Karbon Dioksida

Perlu diketahui, nyamuk sangat suka dengan seseorang yang mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah banyak. Dengan teori tersebut, bisa disimpulkan bahwa orang yang gemuk lebih rentan diserang nyamuk karena orang gemuk biasanya mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak, dibandingkan orang kurus.

2. Sesuai Golongan Darah

Dari teori yang digunakan sebelumnya, dijelaskan bahwa nyamuk suka memangsa seseorang berdasarkan golongan darah. Yang menjadi target utama adalah golongan darah O. Walau belum bisa dipastikan, tapi ada hipotesa karaktetistik tersendiri mengapa nyamuk suka memangsa orang dengan golongan darah O.

3.Asam Laktat Berlebih

Asam laktat sendiri muncul bersama dengan keringat. Lantas, keringat bisa muncul akibat aktivitas yang melelahkan, misalnya olahraga. Maka dari itu, setelah olahraga ataupun beraktivitas lainnya, langsung bersihkan diri Anda dengan mandi dan keramas bila diperlukan agar terhindar dari ancaman nyamuk yang menyebalkan.

4. Peminum Alkohol

Salah satu kebiasaan buruk ini memang tidak ada manfaatnya sama sekali. Selain merusak kesehatan, minum alkohol juga bisa merubah tekstur darah menjadi lebih kotor dan bercampur dengan senyawa lainnya. Hal inilah yang disukai oleh nyamuk sehingga tak heran jika peminum alkohol biasanya dihinggapi oleh nyamuk.