Alasan Mengapa Wanita Mudah Emosi saat Siklus Menstruasi Datang

Photo Credit: pixabay.com

DokterSehat.Com– Pada saat menjelang menstruasi, hampir setiap perempuan mengalami gejala PMS, seperti nyeri perut dan pinggag. Selain nyeri perut dan pinggang, mereka akan mengalami perubahaan mood dan emosional yang semulanya baik menjadi jelek, hingga membuat mereka cepat emosi dan naik pitam.

Photo Credit: pixabay.com

Mungkin Anda juga pernah mengalami hal tersebut sebelum bahkan saat sedang menstruasi. Perasaan Anda tiba-tiba berubah menjadi lebih emosional, padahal sebelumnya baik-baik saja. Anda pasti bingung, mengapa Anda menjadi begitu emosional tanpa sebab. Ternyata ada beberapa alasan mengapa wanita bisa menjadi begitu emosional ketika siklus menstruasi mulai datang.

Peneliti sebelumnya mengungkapkan, jika penyebab wanita begitu emossional pada saat sedang menstruasi adalah karena produksi hormon estrogen melonjak naik. Akan tetapi, hasil penelitian tersebut berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Univercity of California, Amerika Serikat yang mengatakan bahwa penyebab wanita mudah marah saat menstruasi adalah karena perubahan hormon saja.

Menurut mereka, perubahan hormon tersebut terjadi karena adanya respon berlebihan yang terjadi pada sel otak yang disebut dengan reseptor GABA. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara menganalisa otak wanita dan menitik beratkan pada sistem saraf otak wanita yang mengalami gangguan PMDD atau Premenstrual Dysphoric Disorder. PMDD merupakan salah satu gangguan forensik yang berhubungan dengan kondisi pramenstruasi.

Hasil dari penelitian tersebut memperlihatkan bahwa wanita yang memiliki gangguan PMDD mengalami peningkatan cukup signifikan pada aktivitas otak kecil mereka. Kondisi tersebut memperlihatkan hubungan denagn tingkat emosi yang tidak stabil dan cenderung memburuk.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sel GABA berfungsi untuk mengontrol setiap aktivitas yang berkaitan dengan emosi, kecemasan, dan juga stres. Wanita yang memiliki gangguan PMDD, hormon progesterone yang dihasilkan tubuh dapat mempengaruhi bentuk reseptor GABA yang terdapat pada otak kecil, sehingga sel GABA menjadi kesulitan untuk mengatur maupun mengontrol emosi dan juga stress yang mungkin terjadi.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa tahu mengapa setiap siklus menstruasi datang, wanita mudah sekali emosi dan marah-marah. Sehingga, jika hal tersebut juga terjadi pada diri Anda sendiri, Anda sudah mengerti alasannya dan bisa mengontrolnya dengan cara menjaga asupan makanan, istrirahat yang cukup, relaksasi, dan perhatikan siklus bulanan Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik