Alasan Mengapa Sariawan Tak Kunjung Sembuh

DokterSehat.Com– Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Kadangkala sariawan bisa sembuh dengan cepat, namun, sariawan juga bisa muncul hingga berminggu-minggu lamanya sehingga kita merasa tidak nyaman saat makan, minum, atau berbicara. Sebenarnya, apa penyebab dari sariawan yang tak kunjung sembuh ini?

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Pakar kesehatan spesialis gigi dan mulut yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah, Dr. drg. Febrina Rahmayanti Sp.PM menyebutkan bahwa sariawan atau yang dalam dunia medis disebut sebagai aftosa rekuren bisa muncul dalam waktu 7 hingga 14 hari. Jika sariawan bisa muncul lebih lama dari waktu tersebut, maka ada baiknya kita harus mencari tahu apa penyebabnya.

Salah satu faktor pemicu paling umum dari sariawan adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika kita tetap tidak mampu menjaga kebersihan area mulut kita saat terkena sariawan, maka penyakit ini bisa semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah gigi bolong yang tidak dirawat atau ditambal dengan baik. Hal ini ternyata bisa memicu iritasi pada mukosa mulut sehingga akan membuat proses penyembuhan sariawan menjadi sangat lama.

Jika anda sudah merasa tidak nyaman dengan sariawan yang tak kunjung sembuh, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat, baik itu obat oles atau obat minum yang diharapkan bisa segera meredakan sariawan.