Alasan Mengapa Saat Ke Dokter Kita Diminta Untuk Membuka Mulut

DokterSehat.Com – Apa yang akan kita lakukan begitu kita jatuh sakit? Bagi sebagian orang, mereka akan memilih untuk membeli obat sendiri di apotek atau warung-warung terdekat. Namun, sebagian orang lain tidak ingin mengambil resiko dan segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter. Jika kita jeli, saat kita memeriksakan kondisi tubuh ke dokter, kita akan cukup sering diminta untuk membuka mulut lebar-lebar. Sebenarnya, apakah alasan dari dokter meminta kita untuk membuka mulut?

doktersehat-konsultasi-sinus

Pakar kesehatan senior yang berasal dari India bernama dr. K. Vardachari Truvengadam menyebutkan jika mulut adalah bagian tubuh pertama yang akan diperiksa oleh dokter. Menurut beliau, banyak orang yang tidak menyadari jika bagian mulut layaknya lidah, gusi, hingga gigi bisa memberikan petunjuk akan kondisi kesehatan dalam tubuh, bahkan untuk penyakit-penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung hingga diabetes. Beliau memberikan contoh jika kita memiliki masalah kesehatan di bagian gusi, gigi berlubang, atau bahkan impaksi gigi, ternyata bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih besar. Selain itu, kondisi pada lidah juga bisa menandakan adanya infeksi yang lebih serius pada tubuh.

Dr. Truvengadam berkata jika mulut sebenarnya adalah area tubuh yang penuh dengan berbagai macam mikroba dan patogen yang jika tidak dalam kondisi yang seimbang, maka akan menyeabbkan masalah pada kesehatan gigi, peradangan pada gusi atau gingivitis, periodontitis atau masalah gusi yang cukup parah, hingga adanya tanda akan gangguan pada organ jantung.

Pakar kesehatan jantung sendiri menyebutkan jika masalah pada gigi memang memiliki kaitan erat dengan adanya infeksi atau peradangan pada organ yang memiliki fungsi untuk menyalurkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh ini. Seringkali infeksi atau peradangan pada jantung ini diawali dengan adanya masalah pada gigi dan mulut yang membuat bakteri atau kuman pada mulut ikut tersebar melalui aliran darah dan pada akhirnya menyerang jantung.

Baca Juga:  Obesitas Ternyata Bisa Memicu Migrain

Jadi, jangan heran jika dokter meminta kita membuka mulut meskipun kita sebenarnya tidak memiliki masalah kesehatan pada mulut. Mereka hanya ingin memeriksa kondisi tubuh kita secara umum terlebih dahulu.