Alasan Mengapa Payudara Terasa Nyeri Saat Menstruasi

DokterSehat.Com – Fase menstruasi biasanya akan membuat adanya perubahan pada kondisi kesehatan hingga psikologis seorang wanita. Bagaimana tidak, beberapa wanita bisa mengalami kram perut yang cukup menyakitkan, sementara itu, ada juga yang mengalami perubahan psikologis menjadi wanita yang jauh lebih menyebalkan saat fase menstruasi tiba. Namun, sebagian besar wanita akan mengalami perubahan kondisi pada payudaranya dimana payudara akan lebih mudah merasa nyeri yang sangat menyakitkan, yang seringkali dianalogikan layaknya tertusuk jarum. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Pakar kesehatan menyebutkan jika sebelum fase menstruasi tiba, tepatnya pada masa pre menstruasi atau PMS, payudara perempuan memang akan mengalami pembengkakan sehingga terasa lebih berat dan lebih besar. Hal ini adalah hal yang normal terjadi mengingat pada fase ini, hormon estrogen di dalam tubuh wanita akan mengalami peningkatan secara signifkan dimana puncak peningkatan kadar hormon ini akan ada pada fase pertengahan menstruasi. Peningkatan hormon inilah yang memicu perubahan para kelenjar payudara yang membuatnya lebih besar dan mudah terasa nyeri.

Selain hormon estrogen, fase pre menstruasi juga akan membuat hormon progesteron dalam tubuh wanita ikut meningkat dengan drastis. Peningkatan kadar hormon ini juga ikut memicu perubahan pada payudara wanita yang akan membuatnya lebih membengkak dan mudah mengalami rasa nyeri.

Meskipun terasa sangat menyakitkan, rasa nyeri pada payudara saat fase menstruasi sangat normal terjadi. Untuk meredakannya, kita bisa mulai memperhatikan konsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang dimana kita bisa mulai memperbanyak buah-buahan dan sayuran sekaligus mengurangi konsumsi gula, garam, dan juga kafein. Dengan menata pola makan menjadi lebih sehat, nyeri pada payudara pun akan bisa semakin mereda.