Alasan Mengapa Makan Saat di Dalam Pesawat Terasa Tidak Enak

DokterSehat.Com– Akhir pekan ini cukup banyak orang yang memilih untuk mengambil cuti dan bepergian ke tempat wisata. Untuk mencapai tempat wisata tersebut, pesawat terbang pun dipilih karena akan membuat kita tidak terlalu banyak menghabiskan waktu perjalanan. Hanya saja, menggunakan pesawat terbang ternyata bisa memberikan beberapa efek samping bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-pesawat

Mengantuk
Setelah pesawat lepas landas, banyak orang yang mengaku langsung merasakan sensasi mengantuk luar biasa. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tekanan oksigen yang ada di dalam kabin pesawat, apalagi jika pesawat sudah mencapai ketinggian 8 ribu kaki. Pada tubuh, kadar oksigen akan menurun hingga 4 persen dan akan membuat kita mengantuk.

Merasa haus
Udara yang kita hirup di dalam kabin pesawat sebenarnya sama dengan yang berada di luar pesawat. Yang menjadi masalah adalah, di ketinggian dimana pesawat terbang, kelembaban udaranya sangat rendah. Hal inilah yang membuat kita selalu merasa haus dan dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih dan menghindari asupan minuman berkafein dan beralkohol.

Telinga berdenging
Dalam beberapa kasus, tekanan udara saat pesawat mencapai ketingian tertentu bisa membuat telinga berdenging. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mengunyah permen karet atau menutup hidung dan mulut kita demi mengatasi masalah ini.

Ingin buang angin
Selama berada dalam pesawat, perut akan mengalami peningkatan kembung hingga 25 persen. Hal ini akan membuat kita cenderung kerap ingin buang angin.

Kaki bengkak
Naik dengan pesawat kelas ekonomi bisa membuat kita duduk di tempat yang cenderung sempit dan tidak nyaman. Hal ini tentu akan berimbas buruk pada tidak lancarnya aliran darah pada tubuh yang bisa memicu kaki bengkak. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai deep vein thrombosis (DVT). Demi mencegahnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk kerap melakukan peregangan baik itu berdiri atau berjalan kaki saat berada di dalam pesawat.

Makan tidak enak
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh maskapai Lufthansa menyebutkan bahwa di dalam pesawat, kemampuan lidah dalam merasakan manis dan asin akan menurun hingga 30 persen. Karena alasan inilah terkadang kita merasakan sensasi tidak enak saat mengkonsumsi makanan di tengah perjalanan udara.