Alasan Mengapa Lebih Sering Ingin Pipis Saat Cuaca Dingin

DokterSehat.Com– Saat berada di ruangan yang dingin karena memakai AC atau memang saat suhu udara sedang dingin, kita cenderung lebih sering ingin buang air kecil. Sebenarnya, apa penyebab meningkatnya frekuensi ingin buang air kecil ini?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Saat suhu udara dingin, tubuh cenderung tidak banyak mengeluarkan keringat. Padahal, tubuh juga perlu membuang cairan tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat kita lebih sering ingin buang air kecil.

Sebuah penelitian di Whittington Hospital, London yang melibatkan sekitar 2 ribu pria dan wanita dilakukan untuk mencari tahu apa penyebab dari meningkatnya keinginan untuk buang air kecil. Hasilnya adalah, beberapa kondisi tertentu seperti tubuh yang lelah, kekhawatiran berlebihan, serta suhu udara yang dingin bisa meningkatkan kondisi yang disebut sebagai inkontinensia urgensi yang bisa menyebabkan kita lebih sering ingin buang air kecil.

Dr. Michael O’Leary yang berasal dari Brigham and Women’s Hospital menyebutkan bahwa ada penelitian lainnya yang menghasilkan fakta bahwa kondisi cuaca atau lingkungan yang dingin bisa membuat otot kandung kemih beraktifitas dengan berlebihan dan akhirnya membuat kita lebih sering ingin buang air kecil. Selain itu, udara dingin juga akan menurunkan aliran darah pada permukaan kulit dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Hal inilah yang menghambat proses pengeluaran cairan tubuh melalui kulit sehingga tubuh pun segera mengalihkannya melalui buang air kecil.

Banyak orang yang memilih untuk tidak banyak minum demi menurunkan keinginan untuk buang air kecil saat udara dingin. Padahal, hal ini justru akan membuat tubuh kekurangan asupan cairan dan beresiko terkena dehidrasi. Pastikan untuk tetap minum dengan cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik dan memastikan berbagai organ dan sistem di dalam tubuh bekerja sebagaimana fungsinya.