Alasan Mengapa Anda Mengalami Infeksi Candidiasis

DokterSehat.Com – Candidiasis atau kandidiasis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dari spesies Candida albicans. Timbulnya jamur pada diri manusia merupakan hal yang alami dan memang selalu ada pada diri manusia seperti di daerah mulut, tenggorokan, vagina dan pada sistem pencernaan lainnya. Dalam kondisi normal (tidak berlebihan), kehadiran jamur Candida albicans sebenarnya tidak membahayakan. Namun dengan pertumbuhan jamur yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi.



Infeksi jamur candida atau candidiasis ini memang rentan dialami kaum wanita, banyak hal yang menyebabkan infeksi ragi ini menyerang organ kewanitaan Anda. Dari hal sepele seperti kurangnya menjaga kebersihan hingga hal lain pemicu infeksi.

Bagi Anda yang jarang atau belum pernah mengalami infeksi mungkin bertanya, mengapa Anda bisa mengalaminya? Atau, mungkin juga Anda bertanya apakah hal tersebut normal dan wajar serta bukan sebuah kelainan.

Jangan terlalu diambil pusing, ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami infeksi ragi. Yang jelas, segera Anda melakukan control dokter jika yang Anda alami bukan hal yang wajar.

Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa Anda bisa mengalami candidiasis :

  1. Stress
    Pikiran juga dapat memicu terjadinya candidiasis yang mengganggu keharmonisan hubungan Anda dan pasangan.
  1. Kurang tidur
    Jangan abaikan masalah tidur Ladies. Kurang tidur selain bikin aktivitas Anda terganggu juga dapat menyebabkan adanya candidiasis pada Miss V lho.
  1. Kebiasaan makan
    Makan sembarangan dan pola makan yang tidak sehat juga merupakan faktor pemicu infeksi ragi. Terlebih lagi jika Anda mengonsumsi makanan tertentu yang jadi penyebab candidiasis.
  1. Beberapa jenis obat
    Kadang, mengonsumsi obat-obat tertentu membuat hormone Anda jadi tidak seimbang dan menyebabkan candidiasis. Misalnya saja obat KB, antibiotik, dan steroid.
Baca Juga:  Penyakit Creuzfeldt-Jakob (sapi gila)

Tidak hanya hal di atas yang menjadi penyebab candidiasis melainkan masih banyak hal lain yang juga menjadi pemicu adanya candidiasis.