Alasan Memberikan Hukuman Pada Anak

DokterSehat.com – Ada saja kenakalan yang biasa dilakukan anak-anak pada umumnya. Terkadang tak jarang orangtua memberikan hukuman pada anak saat melakukan kenakalan. Hal ini tentunya untuk membuat efek jera agar anak tidak mengulangi kesalahannya lagi, anak bisa menjadi lebih baik di kemudian hari. Meski begitu hukuman haruslah dalam batas-batas kewajaran, jangan sampai anak menjadi sedih, terperuk, bahkan depresi. Berikut ini beberapa alasan mengapa hukuman itu perlu diberikan pada anak yang melakukan kesalahan:



1. Agar anak tidak mengulangi kesalahan yang sama

Saat anak melakukan kesalahan sebaiknya berikan dulu pengertian kepadanya bahwa perbuatan yang dia lakukan tadi salah. Namun, saat anak terus melakukan kesalahan sama berulang kali maka sebagai orangtua wajar saja jika Anda marah melihat sikapnya. Dalam hal ini hukuman memang bertujuan agar anak jera untuk melakukan kesalahan yang sama. Meski begitu, jangan lakukan tindakan kekerasan yang justru dapat membuat anak trauma.

2. Dapat mengambil pelajaran dan hikmah

Pemberian hukuman pada anak juga memiliki tujuan agar ia bersikap hati-hati dalam bertindak. Hukuman yang didapatkan akibat melakukan kesalahan tersebut diharapkan mampu dijadikan pembelajaran bagi anak. Bila anak mulai bisa meninggalkan kebiasaan kurang baik tersebut berarti menandakan bahwa anak sudah bisa mengambil pelajaran atas kesalahannya itu.

3. Konsistensi sebuah perjanjian

Pada dasarnya hukuman yang baik adalah sebuah konsekuensi dari perjanjian yang dibuat orangtua bersama anak. Hukuman bukanlah sebagai pemuas emosi saat anak melakukan kesalahan dan hukuman akan berakhir bila emosi orangtua sudah mereda.

Hukuman perlu diberikan pada anak karena pada dasarnya hukuman pada anak bertujuan untuk memberikan pembelajaran pada anak bahwa semua perbuatan yang dilakukan akan dimintai pertanggungjawaban.